Berita TTS

KPU TTS Umumkan DCS Mulai Tanggal 12 Hingga 14 Agustus

Sesuai jadwal, KPU Kabupaten TTS akan mulai melakukan pengumuman daftar Caleg sementara (DCS) di media massa mulai tanggal 12 hingga 14 Agustus.

KPU TTS Umumkan DCS Mulai Tanggal 12 Hingga 14 Agustus
pos kupang.com, dion kota
Santi Soinbala, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada Serentak, KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Sesuai jadwal, KPU Kabupaten TTS akan mulai melakukan pengumuman daftar Caleg sementara (DCS) di media massa mulai tanggal 12 hingga 14 Agustus.

Untuk itu, esok, Sabtu (11/8/2018) KPU Kabupaten TTS akan menggelar pertemuan dengan para pimpinan partai politik di Kabupaten TTS guna meminta persetujuan terkait konsep rancangan DCS yang telah dikonsepkan KPU.

Hal ini diungkapkan Ketua Divisi Teknis, KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala kepada pos kupang, Jumat (10/8/2018) di ruang kerjanya. Santi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan perampungan penyusunan DCS. Esok, pihak KPU akan mengadakan pertemuan bersama Parpol di kantor sekertariat KPU guna membahas rancangan konsep DCS.

" Undangan pertemuan sebentar akan langsung dikirimkan ke sekertariat masing-masing Parpol. Nanti dalam bertemu tersebut, kita akan menunjukan konsep rancangan DCS yang sudah kita buat. Sedangkan pengumuman DCS di media massa akan dimulai pada tanggal 12 Agustus mendatang," ungkapnya.

Usai penetapan DCS lanjut Santi, pihak KPU membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terkait DCS yang diumumkan. Tanggapan dan masukan diberikan secara tertulis dengan memuat data diri, minimal nama dan alamat.

Tanggapan dan saran yang masuk selanjutnya akan dipelajari KPU sebelum melakukan klarifikasi dengan Parpol terkait. Jika Caleg yang bersangkutan terlibat kasus narkoba, pelecehan seksual anak di bawah umur dan bekas napi korupsi dipastikan akan dicoret.

" Mulai tanggal 12 hingga 21 kami (KPU,red) menerima masukan dang tanggapan dari masyarakat terkait DCS yang diumumkan. Setelah menerima saran dan tanggapan dari masyarakat, mulai dari tanggal 22 hingga 28 Agustus KPU akan bersurat ke Parpol untuk meminta klarifikasi. Sedangkan proses klarifikasi akan dimulai dari tanggal 29 hingga 31 Agustus," jelasnya.

Terkait hasil penelitian dokumen kelengkapan Caleg, dikatakan Santi, dari hasil pemeriksaan belum ditemukan adanya kekurangan dokumen kelengkapan Caleg. Seluruh dokumen kelengkapan Caleg yang dimasukan partai politik dinilai aman.
" Belum ada temuan, masih aman semua. Selanjutnya kita akan lanjutkan dengan penyusunan dan penetapan daftar Caleg sementara (DCS) mulai tanggal 9 hingga 12 Agustus mendatang," pungkasnya. (*)

Tags
KPU TTS
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help