Berita Kabupaten Lembata

Panitia F3G Bertekad Ciptakan Rekor Muri

Rekor muri itu akan ditorehkan melalui kegiatan tenueng, yakni cara membuat benang dari kapas.

Panitia F3G Bertekad Ciptakan Rekor Muri
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Peserta rapat saat membahas F3G di Sekretariat F3G di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata, Kamis (9/8/2018).

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM| LEWOLEBA -- Panitia Pelaksana Festival 3 Gunung (F3G) Kabupaten Lembata, bertekad menciptakan rekor muri saat festival itu mulai dilaksanakan.

Rekor muri itu akan ditorehkan melalui kegiatan tenueng, yakni cara membuat benang dari kapas.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dusbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan, dalam rapat pemantapan pelaksanaan Pameran UKM di Sekretariat F3G di Kantor Disbudpar setempat, Kamis (9/8/2018).

Rekor muri yang hendak diukir itu mengusung angka 1999 yang sebagai tahun lahirnya Lembata sebagai daerah otonom, pisah dari Flores Timur sebagai kabupaten induk.

"Untuk rekor muri itu kita libatkan semua anak sekolah, baik SD, SMP maupun SMA yang kalau dijumlahkan mencapai angka 1999. Anak-anak sekolah itu hadir dengan membawa tenueng, alat tradisional yang digunakan untuk membuat benang dari kapas," ujar Apol.

Ada pun jumlah sekolah yang dilibatkan dalam rekor muri tersebut, yakni 8 SMA, 10 SMP dan belasan SD. Dari sekolah-sekolah tersebut, siswa yang dihimpun untuk tenueng itu sebanyak 1999 orang.

Saat ini belum dijadwalkan tanggal dilaksanakan pemecahan rekor muri tersebut. Namun persiapan untuk kegiatan itu, akan dimulai dari sekarang.

Peralatan berupa tenueng, kata Apol, akan disiapkan oleh pemerintah. Begitu juga kendaraan untuk transportasi para peserta ke lokasi rekor muri, termasuk akomodasi bagi peserta. "Untuk hal itu latihannya akan segera dilakukan berpusat di lokasi Harnus," ujarnya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help