Berita Manggarai Timur

Ini Sumber Air Baku di Matim Yang Dikelola BLUD SPAM

Badan Layanan Umum Daerah Sistem Pelayanan Air Minum (BLUD SPAM) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah mengelola dan mengurus sumber mata air baku

Ini Sumber Air Baku di Matim Yang Dikelola BLUD SPAM
POS KUPANG/ARIS NINU
Paulus Beo, Kabag Teknik BLUD SPAM Matim 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM|BORONG--Badan Layanan Umum Daerah Sistem Pelayanan Air Minum (BLUD SPAM) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah mengelola dan mengurus sumber mata air baku di sembilan tempat yang ada daerah tersebut.

Pengelolaan sumber air itu dalam rangka memberikan pelayanan air bersih bagi warga.

Kesembilan sumber mata itu yakni Wae Mao, Rana Mese, Wae Luju, Wae Naru, Wae Buang, Wae Ros 1 dan 2, Danau Rana Poja, Wae Tabar dan Wae Kewo.

Dari sembilan sumber ini debit air terbesar ada di Wae Tabar sebesar 24 liter per detik di Kecamatan Sambi Rampas yang dikelola IKK Pota.

Sedangkan debit terkecil ada Wae Naru di Mukun sebesar 4 liter per detik.

Demikian penjelasan Kabag Teknik BLUD SPAM Matim, Paulus Beo yang mengirim data sumber air baku di Matim, Kamis (9/8/2018) siang.

Paulus menjelaskan, saat semua potensi sumber air sudah didata BLUD SPAM sebagai potensi dalam rangka naik status menjadi PDAM.

"Semua potensi air baku yang kami kelola akan kami perluas jaringan air agar masuk ke rumah warga. Ke depan tidak ada lagi pembangunan bak umum dan hidrant. Yang dibangun air masuk ke rumah warga. Semua ini dalam rangka mempercepat proses pelayanan air bersih sesuai harapan warga," papar Paulus.

Wabup Matim, Agas Andreas, S.H, M.H yang pernah diwawancara POS-KUPANG.COM di Borong menegaskan, kalau pembangunan air bersih bagi warga harus diubah ke rumah bukan dengan membangun bak dan hidrant umum.

"Saya tidak mau warga antri di bak umum.Yang harus kita lakukan adalah bangun air ke rumah warga," tegas Wabup Agas.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved