Berita TTS

Bupati Mella Lakukan Pertemuan Dengan Rekanan Hingga Dini Hari, Bahas Utang Pemkab

Dalam pertemuan, Bupati Mella menjelaskan terkait duduk persoalan sehingga Pemkab TTS tidak bisa membayar utangnya dalam penyempurnaan

Bupati Mella Lakukan Pertemuan Dengan Rekanan Hingga Dini Hari, Bahas Utang Pemkab
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Bupati TTS, Ir. Paul Mella

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Bupati TTS, Ir. Paul Mella mengaku sudah melakukan pertemuan dengan para rekanan pada Rabu (8/8/2018) malam hingga Kamis (9/8/2018) dini hari guna membahas pembayaran utang Pemkab TTS kepada pihak rekanan.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Mella menjelaskan terkait duduk persoalan sehingga Pemkab TTS tidak bisa membayar utangnya dalam penyempurnaan.

Dirinya berjanji, usai dilakukan perubahan APBD 2018 pada Agustus mendatang Pemkab TTS akan langsung membayar semua utang pihak ketiga yang berjumlah 88 Miliar.

" ‎Saya sudah jelaskan semua alasan mengapa dana luncuran tersebut tidak bisa diakomudir dalam penyempurnaan. Karena sesuai Permen Dalam Negeri Nomor 190, menjelaskan jika penyempurnaan hanya bisa dilakukan untuk item kegiatan yang masuk dalam APBD induk.

Selain itu, pergeseran kegiatan dalam penyempurnaan hanya bisa dilakukan dalam satu OPD saja, bukan lintas OPD, sehingga berdasarkan Permen tersebut maka tidak bisa dilakukan penyempurnaan untuk membayar hak pihak rekanan. Utang tersebut hanya bisa dibayarkan saat perubahan," ungkap Bupati Mella.

Ketika disinggung terkait beberapa paket pekerjaan yang sudah rampung di November dan Desember 2017 tetapi tidak dibayarkan, Bupati Mella beralasan, ada beberapa dokumen yang belum dilengkapi rekanan sehingga tidak bisa dibayarkan. Sedangkan untuk hak rekanan yang masih dibayarkan haknya pada 27 Desember 2017,

Bupati Mella beralasan, jika rekanan tersebut sudah mengurus proses pembayaran dibawah batas waktu pengajuan yaitu 15 Desember.

" Semalam juga rekanan mempermasalahkan hal ini, tetapi sudah saya jelaskan semua. Sebagai kepala daerah, saya minta maaf jika hak rekanan belum bisa dibayarkan hingga saat ini. Saya tegaskan sekali lagi, hak rekanan akan dibayarkan lunas saat perubahan," tegasnya.

Ketua DPRD TTS, Jean Neonufa mengatakan, sudah memberikan penegasan kepada Pemkab TTS untuk melunasi seluruh utang Pemkab kepada pihak ketiga di perubahan APBD 2018 di Agustus mendatang.

Dirinya mengaku, pihak DPRD juga sudah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri dan Kejaksaan terkait pembayaran utang tersebut,

namun memang sesuai aturan tidak diperbolehkan dibayarkan dalam penyempurnaan anggaran. Jean menyayangkan kenapa Pemkab TTS bisa lalai memasukan hak pihak ketiga dalam APBD induk 2018.

" Susai jadwal yang dibuat Banmus kita akan lakukan perubahan di Bulan Agustus ini. Dan dalam dokumen perubahan, seluruh hutang pihak ketiga akan dimasukan sehingga bisa dibayarkan. Bagaimana pun, itu hak rekanan dan Pemkab harus membayarkannya," pungkasnya. ( *)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved