Berita Kabupaten Ende

Bupati Ende Benarkan Bahwa Mereka Dilantik Bulan September 2019

semua Bupati dan Wakil Bupati seluruh NTT akan dilakukan pelantikan secara serentak di Kupang oleh Mendagri

Bupati Ende Benarkan Bahwa Mereka Dilantik Bulan September 2019
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Marsel Petu 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE-- Bupati Ende, Ir Marsel Petu membenarkan bahwa mereka akan kembali menjalani cuti pasca mengakhiri masa kepemimpinan mereka pada periode pertama 7 April 2019 mendatang dan menurut rencana mereka akan dilantik untuk periode kedua pada Bulan September 2019.

Hal tersebut dikatakan Bupati Ende, Ir Marsel Petu kepada Pos Kupang, Kamis (9/8/2018) ketika dikonfirmasi mengenai waktu pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih.

Dikatakan untuk menjalankan roda pemerintahan selama kurang lebih 5 Bulan mulai April 2019 hingga September 2019 Pemerintah Provinsi akan menunujuk atau mengangkat seorang Penjabat Bupati Ende.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 9 Agustus 2018, Aquarius Terhibur, Taurus Ceroboh, Zodiak Lain?

Baca: Menteri PAN RB Turun Tangan Jelaskan Pengumuman Rekrutmen Pendaftaran CPNS 2018

“Entah apa namanya Pjs atau penjabat Bupati Ende nanti dia yang akan menjalani roda pemerintahan selama 5 Bulan sambil menunggu waktu pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih pada Bulan September 2019,”kata Bupati Marsel Petu.

Soal waktu pelantikan pada Bulan September 2019 juga sempat dikatakan Bupati Ende, Ir Marsel Petu pada saat Rakor dengan para mosalaki (tokoh adat-red) di Pelataran Museum Tenun Ikat, Ende.

Sebelumnya diberitakan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih atas nama Ir. Marsel Petu dan Drs Djafar Achmad akan dilantik pada Bulan September 2018 di Kupang oleh Gubernur NTT. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih dilakukan secara serentak bersama dengan Bupati dan Wakil Buoati seluruh NTT hasil Pilkada baru lalu.

Ketua DPRD Kabupaten Ende, Herman Yoseph Wadhi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Rabu (8/8/2018) ketika dikonfirmasi mengenai waktu pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih atas nama Ir. Marsel Petu dan Drs Djafar Achmad.

Baca: Ditolong Paska Kecelakaan, Putri Diana Mengatakan Hal Ini Sebelum Meninggal, Foto-Foto

Baca: Berani Sekali, Koki Ini Protes Soal Kondisi Makam Putri Diana, Ini Reaksi Dari Kerajaan Inggris

Pria yang akrab dipanggil Hery Wadhi mengatakan bahwa terkait dengan waktu pelaksanaan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Gubernur NTT yang ketika itu masih dilantik oleh Drs Frans Lebu Raya.

Maka berdasarkan informasi dari Gubernur NTT saat itu, Drs Frans Lebu Raya menyatakan bahwa semua Bupati dan Wakil Bupati seluruh NTT akan dilakukan pelantikan secara serentak di Kupang oleh Mendagri atau Gubernur NTT atas nama Mendagri.

“Kalau soal siapa yang melantik bisa saja Mendagri karena dilakukan secara bersamaan dengan 9 Bupati dan Wakil Bupati seluruh NTT atau Gubernur NTT atas nama Mendagri,”kata Hery.

Hery mengatakan waktu pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende dilakukan pada Bulan September 2019 dengan alasan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri RI agar semua masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati di seluruh NTT dilakukan secara bersamaan sehingga dengan demikian di masa mendatang pelaksanaan Pilkada seluruh NTT juga akan dilakukan secara serentak.

Baca: ARMY Baper, Member Kpop BTS Beli Coklat Untuk Halsey Di Tempat Seperti Ini

Baca: Kamu Pernah Selingkuh, 5 Hal Yang Bakal Terjadi Pada Hubunganmu Dengan Pasangan

Hery mengatakan bahwa sesuai regulasi yang ada masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ende saat ini akan berakhir pada 7 April 2019 dan saat tidak langsung dilakukan pelantikan atas diri Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih maka keduanya harus menjalani cuti menunggu hingga dilakukan pelantikan pada Bulan September 2019.

Untuk itu ujar Hery sambil menunggu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende terpilih agar tidak terjadi kokosongan kekuasaan maka pemerintah akan menunjuk atau mengangkat penjabat Bupati Ende yang akan menjalani roda pemerintahan selama 5 Bulan hingga Bulan September 2019.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help