Berita Internasional

Perempuan Pecahkan Rekor dalam Pemilihan Umum di Amerika Serikat

Lebih banyak kandidat wanita dari sebelumnya akan bersaing dengan gubernur AS dan kursi DPR dalam pemilihan jangka menengah bulan November.

Perempuan Pecahkan Rekor dalam Pemilihan Umum di Amerika Serikat
BBC
Kiri ke kanan:Democrat Gretchen Whitmer, Republikan Susan Hutchison dan Demokrat Rashida Tlaib, yang hampir pasti menjadi wanita Muslim pertama di Kongres. 

POS-KUPANG.COM - Lebih banyak kandidat wanita dari sebelumnya akan bersaing dengan gubernur AS dan kursi DPR dalam pemilihan jangka menengah bulan November.

Setelah pendahuluan Selasa di empat negara bagian, sekarang ada 11 nominasi perempuan untuk gubernur dan setidaknya 182 untuk Dewan Perwakilan Rakyat.

Hasilnya dielu-elukan sebagai kisah sukses berkelanjutan oleh para aktivis perempuan dalam politik.

Ada juga pemilihan kunci untuk kursi DPR di Ohio, di mana Presiden Donald Trump mengklaim kemenangan.

Namun media AS mengatakan balapan itu masih terlalu dekat untuk dipanggil, di kursi Republik yang aman yang dipegang oleh mereka sejak 1983. Hasilnya bisa menunjukkan apakah Demokrat memiliki kesempatan untuk menggulingkan mayoritas Partai Republik di DPR pada November.

Terobosan bagi wanita

Setelah pemungutan suara ditutup di empat negara bagian yang memegang pendahuluan pada hari Selasa - Kansas, Michigan, Missouri dan Washington - menjadi jelas bahwa para perempuan telah memecahkan rekor untuk pemilihan gubernur dan DPR.

Kemenangan untuk Gretchen Whitmer (Michigan) dan Laura Kelly (Kansas) dalam pemilihan calon presiden berarti 11 wanita akan ikut serta dalam pemilihan gubernur pada bulan November - satu lagi dari catatan 1994 sebelumnya.

Setidaknya 182 nominasi partai besar perempuan akan mencalonkan diri untuk DPR, mengalahkan rekor 167 dari 2016. Tiga perempuan lainnya memimpin dalam kontes utama.

DDebbie Walsh, direktur Pusat Perempuan dan Politik Amerika (CAWP) mengatakan, "Ini telah menjadi musim pemilihan catatan untuk kandidat wanita, dan malam ini melanjutkan cerita itu."

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved