Berita Manggarai Timur

Masyarakat Adat Heso di Desa Golo Wune Gelar Pesta Adat. Ini Tujuannya

Budaya menghormati leluhur dan Sang Pencipta yang sudah tertanam di tengan kehidupan masyarakat Manggarai Timur terus dilestarikan dan dijaga

Masyarakat Adat Heso di Desa Golo Wune Gelar Pesta Adat. Ini Tujuannya
pos kupang.com, aris ninu
Acara Adat di Kampung Heso, Desa Golo Wune, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Matim 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Budaya menghormati leluhur dan Sang Pencipta yang sudah tertanam di tengan kehidupan masyarakat Manggarai Timur (Matim) terus dilestarikan dan dijaga sampai sekarang.

Upacara adat sebagai bentuk ucap syukur masyarakat adat pun terus dilakukan masyarakat seperti yang dilakukan warga di Kampung Heso, Desa Golo Wune,Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) selama dua hari yakni Selasa (7/8/2018) dan Rabu (8/8/2018).

Urbanus Umar, Tua Adat Kampung Heso kepada POS-KUPANG.COM melalui releasenya, Rabu (8/8/2018) pagi menjelaskan, seluruh rangkaian acara adat masyarakat Kampung Heso bertujuan menyampaikan rasa hasil panen dan kehidupan yang diberikan oleh Tuhan dan leluhur.

"Masyarakat Kampung Heso ingin menyampaikan rasa syukur kepada sang Pemberi Kehidupan dan leluhur atas seluruh berkat panen dengan upacara adat bernama “Penti Caci”.

Urbanus menjelaskan, dalam acara adat ada tarian caci yang digelar di Kampung Heso.

"Acara syukur ditandai dengan tua adat menuju sumber air untuk melakukan upacara Barong Wae untuk memanjatkan syukur pada Tuhan yang telah menciptakan mata air bagi penghidupan warga desa. Rasa syukur di daerah mata air diungkapkan dengan mempersembahkan seekor ayam dan telur kepada roh leluhur yang dipercaya telah menjaga sumber air yang tak pernah kering," kata Urbanus.

Ia mengungkapkan,budaya yag sudah turun-temurun dilakukan masyarakat adat Heso.

"Upacara penti khusus tarian caci biasanya dilakukan tiga tahun sekali atau lima tahun tergantung kesanggupan dan dan kesepakatan bersama seluruh anak kampung, apalagi upacara adat dengan mengundangkan keluarga di luar kampung. Tahun ini keluarga kampung Heso menyampaikan syukur atas kebaikan dan hasil panen," papar Urbanus.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help