Berita Sikka

Ini Penjelasan BMKG Maumere tentang Hujan Dua Hari di Sikka

Stasiun Meteorologi Sikka akhirnya menjelaskan kenapa terjadi curah hujan ringan dan sedang pada musim kemarau di wilayah n Sikka

Ini  Penjelasan BMKG Maumere tentang Hujan  Dua Hari di  Sikka
pos kupang.com, eugenius moa
Ruas jalan Ikan Tongkol di depan TPI Maumere, Pulau Flores, masih tergenang hujan Senin (6/8/2018) pagi. 

Laporan  Wartawan  Pos-kupang.com, Eginius  Mo’a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Stasiun  Meteorologi Sikka   akhirnya menjelaskan  kenapa terjadi    curah  hujan ringan dan sedang pada musim  kemarau di  wilayah Kabupaten  Sikka,  Pulau  Flores,  sejak Minggu sampai  Senin  (5-6/8/2018).  Bahkan  sampai  Senin  siang,  mendung  masih berlangsung.

Kepala Stasiun Meteorologi  F.X. Seda-Sikka, Adi  Laksmena,  menjelaskan dari  pola angin gradien ketinggian 1 Km dari permukaan  tangal 5 Agustus 2018,   pukul 20.00  Wita, daerah Sikka dilalui angin yang bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan angin berkisar 6-10 knots.

Kondisi  ini  bila dibandingkan dengan minggu terakhir bulan Juli, kecepatan angin  cenderung melemah, sehingga pertumbuhan awan hujan juga menjadi signifikan (tidak terhambat oleh angin kencang).

Pertumbuhan awan hujan juga didukung oleh kelembaban udara yang cukup lembab (60-90 %) di lapisan bawah troposfer (850mb). Namun kelembaban udara di lapisan tengah dan tinggi tindak cukup lembab, sehingga awan hujan yang tumbuh hanya berupa awan rendah dan curah hujan yang turun ke permukaan berkisar hujan ringan hingga sedang saja.

“Dari analisis  ini, hujan  diperkirakan hanya beberapa hari ini saja, mengingat sekarang masih musim kemarau,” kata  Adi, kepada POS-KUPANG.COM, Senin  (6/8/2018)  pagi  di Maumere. *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved