Berita Kabupaten Malaka

Tanam Kacang Hijau Bisa Menambah Kesuburan Tanah

Menanam kacang hijau memberikan manfaat ganda bagi petani karena selain bernilai ekonomis juga membantu menyuburkan tanah.

Tanam Kacang Hijau Bisa Menambah Kesuburan Tanah
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak, saat memantau pertumbuhan kacang hijau petani. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Menanam kacang hijau memberikan manfaat ganda bagi petani karena selain bernilai ekonomis juga membantu menyuburkan tanah. Selain itu, petani sendiri bisa memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Untuk itu, petani terus didorong agar setiap tahun menanam kacang hijau di lahan masing-masing.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan. Menurut Yustinus, dinas terus mendorong petani agar terus menanan kacang hijau karena tanaman ini memberikan banyak manfaat. Selain memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga juga membantu menyuburkan tanah.

Baca: Tata Luncurkan Truk Pekerja Keras di GIIAS

Tanaman kacang hijau bisa meningkatkan nitrogen dalam tanah sehingga tanah tetap subur dan bila tanaman lain dibudidayakan di lahan yang sama akan tetap mendapat hasil yamg bagus.

Menurut Yustinus, tahun 2018 sudah tercatat 2.000 hektare lahan yang ditanam kacang hijau yang menyebar di Kecamatan Malaka Barat, Weliman, Wewiku, Malaka Tengah dan Kobalina.

Walaupun produktivitas komoditi ini baru mencapai 1,07 ton per hektar, namun kacang hijau tetap dikembangkan karena berkaitan erat dengan budaya dan sejarah manusia Malaka dan juga manfaat ekonomisnya.

Beberapa petani Desa Taaba, Kecamatan Weliman yang ditemui Pos Kupang.Com, Minggu (5/8/2018) mengatakan, mereka menanam kacang hijau karena sudah menjadi tradisi. Keuntungan yang diperoleh dari komoditi ini adalah memenuhi kebutuhan konsumsi dalam rumah tangga. Kemudian, jika produksi banyak bisa dijual untuk menambah penghasilan. Kacang hijau biasa dimasak dengan jagung sebagai penganti nasi.

Selain itu, batang dan daun kacang hijau bisa dijadikan pakan ternak sapi. Apalagi saat musim kemarau, ketersedian pakan jenis rumput berkurang sehingga mereka bisa pakan alternatif lainnya adalah batang dan daun kacang hijau. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help