Berita Sumba Barat

Sampah Menggunung di Pasar Inpres Waikabubak. Ini Sumber Masalah

Tumpukkan sampah 'menggunung' di areal Pasar Inpres Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat

Sampah Menggunung di Pasar Inpres Waikabubak. Ini Sumber Masalah
pos kupang.com, petrus piter
sampah membukit di pasar inpres waikabubak, sb. Foto diabadikan,.Minggu (5/8/2018) 

Laporan Wartawan Pos-kupang.com, Petrus Piter

POS KUPANG.COM, WAIKABUBAK--Tumpukkan sampah 'menggunung' di areal pasar inpres Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Kondisi itu terjadi seiring kembalinya para pedagang berjualan di pasar itu. Perilaku pedagang membuang sanpah sembarangan menambah semrawut pasar.

Seperti disaksikan pos kupang, Minggu (5/8/2018) siang, tumpukan sampah terdapat dibeberapa titik diantaranya jalan masuk pasar, jalan nangka bahkan yang paling parah tumpuhkan sampah diareal terminal, depan pospol kota waikabubak. Sampah membukit dan berserahkan.

Untuk mengurangi tumpuhkan sampah, warga membakar sampah tersebut.

Sementara bak sampah yang terpasang dibagian utara pasar juga telah penuh sampah. Ivan dan Ama Yana, dua pedagang pakaian yang berrjualan sekitar pasar itu, berharap pemerintah menambah bak sampah. Hal itu karena volume sampah cukup banyak.

Sementara berkaitan dengan pembuangan sampah diterminal bus, keduanya mengaku, kemungkinan dibuang pada malam hari. Biasanya pagi, baru kelihatan sampah menumpuk diareal terminal itu.

Keduanya menambahkan, sebenarnya lokasi pasar inpres waikabubak telah dikosongkan pemerintah dengan memindahkan pedagang berjualan di pasar weekarou. Namun hampir dua minggu terakhir ini, pedagang kembali ramai berjualan di pasar itu.

Satpol pp berulangkali menertibknya. Tetapi pedagang tetap saja nekad berjualan bila petugas satpol pp kembali ke kantornya. (*)


Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved