Berita Sumba Timur

Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 Skala Ricther Guncang Waingapu, Ende dan Maumere

Wilayah Laut Sawu diguncang gempa bumi tektonik dengan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,2 skala

Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 Skala Ricther Guncang Waingapu, Ende dan Maumere
(HO/ACT)
Ilustrasi: Gempa yang terjadi tadi pagi sekitar pukul 05.47 WIB, Minggu (27/7/2018) dengan magnitudo 6,4 SR selama 10 detik memicu kerusakan infrastruktur dan menimbulkan korban jiwa, di sebagian besar wilayah Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB, menerjunkan tim medis. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Wilayah Laut Sawu diguncang gempa bumi tektonik dengan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,2 skala ricther yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,1 skala ricther.

Berdasarkan laporan yang disamaikan oleh Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Pusat Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc dalam press realisenya yang dikirim melalui WatsApp group Info BMKG Sumba, Minggu (5/8/2018) malam menjelaskan

gempa tersebut terjadi pukul 17.50.21 WIB dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,5 LS dan 121,28 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 Kilometer(KM) arah barat daya Kota Ende, Kabupaten Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 110 KM.

Baca: Ramalan Zodiak Besok, 6 Agustus, Leo Bersiaplah, Banyak Tantangan Menantimu!

Baca: LIVE Streaming Arema FC vs Persija, Nonton Siaran Langsung Indosiar Jam 18.30 WIB

Baca: Live Streaming MotoGP Ceko 2018 dan & Live Trans 7 Malam ini, Bakal Tersaji Persiangan Sengit

Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Australia ke Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Sawu ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme naik-mendatar (oblique thrust fault).

Kata Triyono, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Waingapu, Ende dan Maumere dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Triyono mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami

Dikatakanya, hingga pukul 18.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"pungkas Triyono. 

Baca: Jungkook BTS Unggah Foto Kenakan Handuk Berwarna Pink, Ternyata Segini Harganya!

Halaman
123
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help