Berita Manggarai Timur

25 Desa di Matim Sudah Alokasikan Dana Desa BUMDes

Sampai saat ini program peningkatan ekonomi desa melalui dana desa agar ada BUMDes sudah ada 25 desa di Kabupaten Manggarai Timur

25 Desa di Matim Sudah Alokasikan Dana Desa BUMDes
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Kornelis Soge, S.E, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Manggarai Timur. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Sampai saat ini program peningkatan ekonomi desa melalui dana desa agar ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sudah ada 25 desa di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) yang mengalokasi dana dalam APBDes.

25 desa yang sudah mengalokasi dana desa untuk BUMDes guna meningkatkan PAD telah memilikki payung hukum yakni dua peraturan desa (Perdes) tentang berdirinya BUMDes yakni perdes tentang pembentukan BUMDes dan penyertaan modal.

"Sampai sekarang sudah ada 25 desa di Matim yang membentuk BUMDes.25 desa ini telah mengikuti mekanisme dan persyaratan lahir BUMDes.Yang utama lahirnya BUMDes yakni harus ada berita acara pembentukkan BUMDes antara kades dan BPD serta warga.Setelah itu harus ada perdes pembentukan dan penyertaan modal," ujar Kornelis Soge,Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Matim yang ditemui POS-KUPANG.COM di Borong, Minggu (5/8/2018) sore.

Kornelis menjelaskan,tahun ini pihaknya menargetkan 60 desa harus memilikki BUMDes yang berbadan hukum sesuai ketentuan pembentukan BUMDes.

"Target kami tahun ini 60 desa.Sampai saat ini sudah ada 25 desa yang memilikki BUMDes tinggal 35 desa lagi.Kami sedang melakukan sosialiasi di desa-desa yang memilikki BUMDes," kata Kornelis.

Ia mengungkapkan, di Matim ada 159 desa yang tersebar di sembilan kecamatan yang sedang diperjuangkan dan didampingi oleh tenaga ahli agar memilikki BUMDes.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved