Berita Larantuka

Uskup Larantuka: Pesta Demokrasi dan Perayaan Iman Jangan Ada yang Dikorbankan

Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr meminta KPU dan pemerintah pusat mempertimbangkan lagi jadwal pileg dan pilpres.

Uskup Larantuka: Pesta Demokrasi dan Perayaan Iman Jangan Ada yang Dikorbankan
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr meminta KPU dan pemerintah pusat mempertimbangkan lagi jadwal pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) yang akan jatuh pada 17 April 2019.

Uskup Frans mengatakan dua peristiwa penting yakni pesta demokrasi dan perayaan iman harus dijaga dan tidak mengorbabkan satu dan lainnya.

Diwawancarai POS-KUPANG.COM di penginapan Uskup Larantuka di San Dominggo, Uskup Frans mengatakan demokrasi membutuhkan partisipasi penuh dan perayaan iman juga membutuhkan partisipasi penuh.

Baca: Ini Alasan Aleta Baun Sering Kenakan Tenun Ikat

Karena itu KPU bisa mengatur secara baik jadwal dua peristiwa penting itu agar partisipasi semuanya jadi penuh.

Pileg dan Pilpres Rabu, 17 April 2019, kata Uskup Frans seluruh konsentarasi umat Kristen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia ada pada perayaan Paskah.

"Negara melindungi warga negaranya agar bisa beribadah dengan bebas tanpa gangguan. Pileg dan Pilpres nanti akan sangat mengganggu perayaan iman umat," kata Uskup Frans.

Apalagi di Kota Larantuka Flores Timur yang mewarisi tradisi khusus Semana Santa. Pada hari Rabu Trewa (hari pemilihan) itu semua konsentrasi umat pada doa.

Praksis semua panitia pemilihan, kata Uskup Frans juga panitia Semana Santa dan panitia perayaan paskah di gereja masing-masing.

"Pemilihan ada hari Rabu Trewa itu sangat tidak mungkin bisa jalan. Kalau bisa itu ditunda supaya umat bisa berdoa dengan tenang," kata Uskup Frans.

Halaman
12
Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help