Berita Kabupaten Manggarai

Tahapan Studi Kelayakan Pembangunan Irigasi Sawah Terang Belum Dilakukan

Tahapan studi kelayakan untuk rencana pembangunan saluran irigasi di Sawah Terang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Belum dilakukan.

Tahapan Studi Kelayakan Pembangunan Irigasi Sawah Terang Belum Dilakukan
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Pemandangan di persawahan Terang Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (8/8/2017). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,  Servatinus Mammilianus

POS-KUPANG.COM|LABUAN BAJO--Tahapan studi kelayakan untuk rencana pembangunan saluran irigasi di Sawah Terang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Belum dilakukan.

Kepala Bappeda Mabar Hans Sodo, kepada POS--KUPANG.COM, Jumat (3/8/2018), mengatakan bahwa proses untuk studi tersebut sedang berjalan.

"Negosiasi dengan Universitas Gajah Mada atau UGM masih terus dilakukan untuk studi tersebut. Tahun ini studi kelayakan bisa selesai dilakukan," kata Hans.

Dijelaskannya, bila semua tahapan studi telah dilakukan dan dinyatakan layak maka rencana pembangunan saluran irigasi itu bisa dianggarkan.

"Bisa dianggarkan dalam APBD, bisa juga diusulkan agar dianggarkan dalam APBN," kata Hans.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), sedang bernegosiasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Gajah Mada (UGM), untuk melakukan studi kelayakan terhadap rencana pembangunan saluran irigasi di Sawah Terang.

Kepala Bappeda Mabar saat masih dijabat oleh Aleks Saryono, menyampaikan hal itu.

Sekitar tiga ribu hektar Sawah Terang selama ini merupakan sawah tadah hujan yang produktif di Mabar.

Pemkab Mabar berencana membangun saluran irigasi dari Wae Bobo di Macang Pacar ke sawah itu.

"Studi kelayakannya sedang dalam proses, yaitu sedang bernegosiasi dengan pihak ketiga dalam hal ini UGM. Negosiasi maksudnya berkaitan dengan kesediaan mereka untuk melakukan studi kelayakan," kata Aleks kepada POS KUPANG.COM, Rabu (16/5/2018).

Tim dari Pemkab Mabar kata dia, sebanyak tiga orang sudah bertemu dengan LPPM UGM.

Tim tersebut sudah melakukan presentase untuk menjadi kerangka acuan kerja dari UGM saat studi kelayakan berlangsung nanti.

Pemkab Mabar menargetkan bahwa hasil kajian dari studi kelayakan pembangunan saluran irigasi Sawah Terang sudah ada sebelum akhir tahun 2018 ini.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help