Berita Manggarai Timur

Pemkab ‪Matim Kembali Raih Prestasi Award TPID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) kembali menoreh prestasi pentas nasional.

Pemkab ‪Matim Kembali Raih Prestasi Award TPID
pos kupang.com, aris ninu
Bupati Matim terima penghargaan dari Presiden RI,Jokowi

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) kembali menoreh prestasi pentas nasional.

Prestasi yang diraih Matim yakni mengukir prestasi baru di tingkat nasional dengan memperoleh award dari Presiden RI, Jokowi sebagai kabupaten terbaik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) inovatif 2017.

‬Prestasi tersebut diterima berupa award yang diterima langsung Bupati Matim,Drs. Yoseph Tote,M.Si, di sela-sela acara rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2018, di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis (26/7/2018) lalu.

Baca: Geram Pemkab TTS Tak Kunjung Bayar Utang, Rekanan Mengadu Ke DPRD TTS

Demikian pers release yang dikirim Kabag Humas Setda Matim,Bonifasius Sai kepada POS-KUPANG.COM,Jumat (3/8/2018) sore di Borong.

"Untuk kawasan Indonesia Timur, termasuk di Provinsi NTT hanya Matim sebagai kabupaten terbaik dan mendapat award TPID,"kata Boni.

Sementara itu,Bupati Tote yang dihubungi POS-KUPANG.COM di Borong,Jumat (3/8/2018) sore menjelaskan,penghargaan TPID inovatif yang diterimanya merupakan apresiasi yang diberikan Bank Indonesia.

"Itu karena Pemkab Matim dinilai memiliki peran aktif dalam menjaga pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga serta aktif dalam melakukan komunikasi.

‪Kita bersyukur karena untuk provinsi NTT hanya kabupaten Matim yang prestasi dalam TPID dan meraih penghargaan ini. Bahkan satu-satunya kabupaten yang ada di kawasan Indonesia Timur. Semoga dengan raihan penghargaan ini, kita bisa terus berbuat yang terbaik bagi kabupaten Matim,"kata Bupati Tote.

Ia mengungkapkan, TPID inovatif Matim mampu dan berhasil menekan inflasi dari gabungan seluruh sektor.

"Ditambah pertumbuhan ekonomi Matimencapai 6 koma.Tentu ini juga sesuatu yang terus dipelihara ke depan dalam basis kerja. Yang melakukan penilaian bukan dari kelompok orang atau bukan dari Pemkab Matim.

‪Keberhasilan pengendalian inflasi itu berdasarkan beberapa indicator yang telah dilakukan penilaian dan verifikasi oleh tim independent yang tidak diketahui daerah. Dimana setelah dilakukan verifikasi Kabupaten Matim masuk nominasi terbaik untuk kawasan Nusra dan Papua.

Tim penilai ini juga bekerja sama dengan perguruan tinggi, Bank Indonesia dan Kementrian Perekonomian,"ujar Bupati Tote.

Ia mengaku sudah sekitar belasan penghargaan yang diraih Matim dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Yang paling banyak dari pemerintah pusat. Tahun lalu juga Pemda Matim dapat penghargaan dalam bentuk lebaran cetak yang asli uang nilai Rp 500 dari Guberner BI Cabang NTT.

Pada tanggal 29 Agustus 2018 mendatang, dirinya akan ke Jakarta untuk menerima penghargaan nasional dari Menteri Pertahanan Nasional. Penghargaan itu untuk dirinya sebagai bupati.

Tentu karena dinilai salah satu tokoh nasional yang bisa mempertahankan NKRI. Tentu yang paling mendasar atas penilaian integritas, obyektifitas, ketaatan aturan, dan juga komitmen pada kepentingan umum,"papar Bupati Tote.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help