Berita Kebakaran Gili Lawa NTT

Kebakaran di Gili Lawa -TNK - Menteri Pariwisata Minta Kadis Pariwisata NTT Pantau Langsung

Menteri Pariwisata memberi arahan kepada Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi NTT, agar segera memantau langsung kebakaran di Gili Lawa

Kebakaran di Gili Lawa -TNK - Menteri Pariwisata Minta Kadis Pariwisata NTT Pantau Langsung
Tribunnews/kolase
Gili lawa terbakar 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG -- Menteri Pariwisata RI, Dr.Ir.Arief Yahya, M.Sc memberi arahan kepada Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu,M.Si agar segera memantau langsung peristiwa kebakaran di Gili Lawa, Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang ada di Manggarai Barat.

Selain itu, juga diminta agar segera melakukan koordinasi dengan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dan Pemkab Manggarai Barat.

Marius menyampaikan hal ini kepada Pos‎ Kupang, Jumat (3/8/2018).
Marius yang dihubungi sedang berada di Bandara El Tari dan siap menuju ke Labuan Bajo.

"Saya sedang di Bandara El Tari untuk ke Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat. Saya ke Labuan Bajo ini juga sesuai arahan Menteri Pariwisata supaya saya memantau langsung di lapangan ‎serta lakukan koordinasi dengan otoritas pengelola TNK dan Pemerintah setempat terkait kebakaran di. Kawasan TNK," kata Marius.

Dia menjelaskan, ada juga seruan dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup terkait kebakaran yang terjadi di kawasan TNK pada 1 Agustus 2018. "Karena itu, saya akan ke Labuan Bajo untuk memantau langsung, kemudian berkoordinasi dengan BTNK, Pemkab Manggarai Barat dan juga Polres Manggarai Barat.

Tentu dalam koordinasi ini, kita mencari langkah-langkah pencegahan serta memberi dukungan agar pihak berwajib dapat mengusut tuntas kasus ini," katanya.

Dikatakan, Menteri Pariwisata sudah melayangkan peringatan keras agar peristiwa itu tidak terulang lagi di kemudian hari. "Karena peristiwa kebakaran di TNK itu bisa merusak citra pariwisata Indonesia. Bukan saja citra pariwisata Manggarai Barat atau NTT saja melainkan pariwisata Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, sesuai arahan dari Menteri Pariwisata bahwa harus diambil langkah pencegahan dan kewaspadaan sehingga hal serupa tidak terjadi di waktu-waktu mendatang.

"Ketika saya mendapat arahan dari pak Menteri Pariwisata, saya juga langsung berkoordinasi dengan Pemkab Manggarai Barat, BTNK dan Polres Manggarai Barat untuk mengambil langkah secepatnya dalam mengusut kasus ini.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help