Berita Kebakaran Gili Lawa NTT

Kebakaran di Gili Lawa- BTNK Perlu Lakukan Pencegahan Dini

Jika kebakaran dalam kawasan sudah lebih dari satu kali, maka menurut saya pihak BTNK seharusnya sudah punya instrumen untuk pencegahan

Kebakaran di Gili Lawa- BTNK Perlu Lakukan Pencegahan Dini
Instagram/kurniawan_jacks
Gili Lawa, Kawasan Hutan Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT, terbakar. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/ KUPANG -- DPRD NTT meminta Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) perlu melakukan pencegahan dini terhadap berbagai kemungkinan bencana yang bakal terjadi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Ancaman-ancaman seperti kebakaran ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu, karena itu dibutuhkan upaya pencegahan.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD NTT, Leo Ahas, S.Fil, S.H,M.H kepada Pos Kupang, Jumat (3/8/2018).

Menurut Leo, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh BTNK, yakni pencegahan atau antisipasi secara dini berbagai kemungkinan yang bakal terjadi di dalam kawasan TNK.

"Jika kebakaran yang terjadi di dalam kawasan ini, sudah lebih dari satu kali, maka menurut saya pihak BTNK seharusnya sudah punya instrumen untuk pencegahan dini sehingga kasus yang sama tidak teriulang lagi," kata Leo.

Dia menjelaskan, kebakaran yang terjadi itu belum bisa diketahui pasti pemicunya tanpa pengusutan oleh pihak berwajib. Namun, lanjutnya, tidak bisa langsung menjustifikasi bahwa itu ulah manusia.

"Saya kira TNK ini sudah jadi aset dunia, sehingga otoritas pengelola harus menjaga dari berbagai ancaman dan tidak ada pilihan lain selain upaya pencegahan," katanya.

Anggota DPRD asal Manggarai ini mengatakan, apabila tidak ada upaya pencegahan, maka bisa saja peristiwa kebakaran di TNK dapat menganggu pariwisata di daerah itu.

"Kalau sudah terbakar seperti ini, saya juga pertanyakan, bagaimana upaya pemulihan lingkungan yang dilakukan BTNK. Modelnya seperti apa, perlu dilakukan sehingga lingkungan itu kembali pulih,"ujarnya.

Dia mengharapkan BTNK agar melibatkan masyarakat lokal dalam upaya pelestarian kawasan TNK. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved