Berita Sikka

Kabasarnas Janjikan Satu Unit Kapal untuk Maumere. Begini Janjinya

saya akan tarik kapal dari kantor lain ditempatkan di Kantor di Maumere. Di sini sangat membutuhkan

Kabasarnas  Janjikan    Satu  Unit Kapal   untuk  Maumere. Begini Janjinya
pos kupang.com, eugenius moa
Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI M. Syaugi. 

Laporan  Wartawan Pos-Kupang.com, Eginius  Mo’a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Kunjungan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsekal Madya  TNI M. Syaugi, Kamis   (2/8/2018) ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere berbuah  manis. Menyaksikan langsung  kondisinya, Syaugi  menjanjikan mengirim  satu  unit  kapal.

“Setelah saya melihat sendiri, dalam waktu dekat saya akan kirim kapal dan akan membenahi yang lainnya. Kami tidak mengadakan kapal, karena itu makan waktu satu tahun. Namun, saya akan tarik kapal dari kantor lain   ditempatkan  di Kantor di Maumere. Di  sini sangat membutuhkan,” kata  Syaugi  kepada wartawan.

Dijelaskannya, Basarnas di  seluruh Indonesia  ada 38 unit kapal,  diantaranya 34 unit  ditempatkan   di 34 provinsi termasuk  di NTT.  Empat unit  lainnya   akan  ditempatkan  di  Maumere untuk melayani Flores, Lembata dan Alor, satu unit untuk  Natuna, satu  unit  di Banten dan satu  di Mentawai.

Ia  mengatakan kekurangan  fasilitas   di Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Maumere akan  dibenahi  dengan  membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dan stakeholder lain.

“Dengan   fasilitas  yang ada saja, SAR Maumere sudah banyak berbuat, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi yang ada kaitannya dengan korban jiwa,” ujarnya.

Kepala  Kantor SAR Maumere, I Putu  Sudayana,    telah dilakukan 28 kali  operasi, 15 kali kejadian di laut,  satu  bencana dan 12   kejadian    yang membahayakan kehidupan manusia dan membutuhkan kehadiran tim SAR.

Ketua DPRD Sikka, Gorgonius Nago Bapa mengapresiasi kunjungan KABASARNAS  mengingat Maumere khususnya dan Flores pada umumnya rawan bencana alam  tanah  longsor, gempa dan tsunami.

“Tahun 1992 di Maumere terjadi gempa dan tsunami dan memakan korban banyak.   Dewan  mendungkung kehadiran Kantor SAR Kelas B di Maumere,” kata   Us  Bapa,  sapaan  Gorgonius.

 Kedatangan KABASARNAS bersama   rombongan  sampai hari Sabtu  (4/8/2018) diterima Penjabat Bupati Sikka Mekeng, Drs.  Flori Mekeng,   anggota  Forkompimda  dan  Ketua  DPRD  Sikka. *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved