Berita Kabupaten Manggarai

Ketua DPRD Mabar Sesalkan Pembangunan Rest Area di Rinca

Kita tidak boleh lepas tangan karena kalau TNK rusak maka citra kita sebagai daerah wisata juga rusak

Ketua DPRD Mabar Sesalkan Pembangunan Rest Area di Rinca
Suasana sidang di DPRD Mabar, Senin (14/5/2018) dipimpin oleh Ketua DPRD Blasius Jeramun. 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM Servatinus Mammilianus

POS-KUPANG.COM|LABUAN BAJO--Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Blasius Jeramun, menyesalkan adanya pembangunan rest area di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), yakni di Pulau Rinca.

"Ini aneh karena bangun di dalam kawasan. Memang betul bahwa TNK merupakan urusan pemerintah pusat tetapi harus diingat bahwa TNK itu berada di daerah otonom Manggarai Barat. Kita tidak boleh lepas tangan karena kalau TNK rusak maka citra kita sebagai daerah wisata juga rusak," kata Blasius saat dimintai tanggapannya, Rabu (2/8/2018) terkait pembangunan rest area di Pulau Rinca.

"Negara telah mengucurkan banyak dana untuk TNK tetapi kalau ternyata ada investor yang diam-diam datang untuk bangun di dalam kawasan, ini yang saya tidak suka," kata Blasius.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Budhy Kurniawan, membenarkan adanya rencana pembangunan rest area di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), tepatnya di Pulau Rinca.

Budhy yang dikonfirmasi, Senin (30/7/2018) menjelaskan bahwa tempat yang dibangun itu berupa interest poin dan pengunjung bisa makan atau minum.

"Tempatnya berupa interest poin, dimana pengunjung bisa makan dan minum. Semacam sarana akomodasi berupa rest area," kata Budhy.

Dalam pembangunannya kata dia, ada beberapa batasan desain fisik.

"Contohnya kalau sarana akomodasi strukturnya 80% harus menggunakan bahan tidak permanen atau kayu, harus mengadopsi arsitektur budaya setempat, tidak boleh bertingkat dan lain-lain," kata Budhy.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help