Berita TTS

Ini Realisasi Penyaluran Bansos Rastra Triwulan II di TTS Mencapai 89,54 Persen

Realisasi Bansos Rastra untuk triwulan kedua di TTS sudah mencapai 89,54 persen. Dinas Sosial Kabupaten TTS terus melakukan komunikasi

Ini Realisasi Penyaluran Bansos Rastra Triwulan II di TTS  Mencapai 89,54 Persen
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Kadis Sosial TTS, Nikson Nomleni

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Realisasi bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) untuk triwulan kedua sudah mencapai 89,54 persen. Untuk itu, Dinas Sosial Kabupaten TTS terus melakukan komunikasi dengan pihak bulog untuk mempercepat penyaluran Bansos Rastra guna segera dirampungkan untuk tahap II.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten TTS, Nikson Nomleni kepada pos kupang, Kamis (2/8/2018) di ruang kerjanya.

Nikson mengatakan, dari 32 Kecamatan di Kabupaten TTS, 26 Kecamatan sudah 100 persen pendistribusian Bansos Rastra Tahap II, sedangkan 6 kecamatan sisanya,

persentase penyaluran Bansos Rastranya baru mencapai 50 persen. Enam kecamatan tersisa akan dirampungkan penyaluran Bansos Rastranya sebelum 17 Agustus mendatang.

" Kecamatan Kuatnana, Boking, Mollo Selatan, Fautmolo, Amanatun Selatan dan Kecamatan Amanuban Timur yang persentasenya baru 50 persen. Ini yang kita kejar saat ini.

Kita sudah komunikasi dengan pihak Bulog agar pendistribusian Bansos Rastra Tahap II bisa selesai sebelum 17 Agustus mendatang," ungkap Nikson.

Ketika disinggung kendala yang menyebabkan penyaluran Bansos Rastra Tahap II belum rampung hingga saat ini, Nikson mengatakan, ada beberapa kendala yang dialami saat proses pendistribusian Bansos Rastra. Pertama, topografi wilayah TTS yang luas dan berbukit-bukit,

kedua, akses jalan yang masih buruk di beberapa desa pedalaman dan cuacana ekstrim sering membuat mobil pendistribusian Bansos Rastra kesulitan mencapai desa tujuan.

" Luasnya wilayah Kabupaten TTS dengan topografi berbukit-bukit dan aksesn jalan yang belum baik membuat truk pengangkut Bansos Rastra kesulitan dalam mencapai desa tujuan. Ini yang menjadi kendala kita selama ini. Tetapi kita tetap optimis sebelum 17 Agutus realisasi penyaluran Bansos Rastra Tahap II untuk Kabupaten TTS sudah 100 persen," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kadis Sosial Kabupaten TTS, Nikson Nomleni mengeluhkan, penyaluran Bansos Rastra untuk triwulan pertama (Januari-Maret) untuk kabupaten TTS yang tak kunjung tuntas. Bahkan, dalam pekan ini, penyaluran Bansos Rastra sempat terhenti akibat stok beras di gudang bulog kosong.

Dirinya mengaku, menerima laporan tersebut dari para supir truk yang selama ini ditunjuk untuk mengangkut beras tersebut. Ia mengaku hingga saat ini, jumlah bansos rastra yang sudah disalurkan berjumlah 1.96 ton atau 62 persen dari total pagu untuk triwulan pertama sebanyak 1.766 ton.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan proses pendistribusian Bansos Rastra belum rampung hingga memasuki bulan Agustus. Pertama, akses jalan yang sulit dan cuaca yang buruk menyulitkan proses pendistribusian Bansos Rastra. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved