Berita Manggarai Barat

DPRD Manggarai Barat Segera Panggil Kepala BTNK

DPRD Kabupaten Manggarai Barat segera memanggil Kepala BTNK) terkait pembangunan rest area di dalam kawasan TNK, yakni di Pulau Rinca.

DPRD Manggarai Barat Segera Panggil Kepala BTNK
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Ketua DPRD Manggarai Barat, Blasius Jeramun. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), segera memanggil Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), terkait pembangunan rest area di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), yakni di Pulau Rinca.

Ketua DPRD Mabar, Blasius Jeramun, mengatakan itu kepada wartawan, Rabu (2/8/2018).

"Sekarang kami sedang berupaya mengumpulkan informasi dan data tentang pembangunan di Pulau Rinca itu. Selanjutnya kami segera memanggil Kepala BTNK," kata Blasius.

Baca: Sampai Agustus TTS Sudah Kirim 12.160 Ekor Sapi

Menurutnya, ada yang janggal dalam pembangunan itu karena selama ini aturan sangat ketat kepada masyarakat dengan alasan konservasi dan keberlanjutan ekosistem.

"Sekarang kok dengan mudah bangun rest area yang juga akan mengubah ekosistem yang ada. Kita tidak usah takut pemerintah pusat," kata Blasius.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Budhy Kurniawan, membenarkan adanya rencana pembangunan rest area di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), tepatnya di Pulau Rinca.

Budhy yang dikonfirmasi, Senin (30/7/2018) menjelaskan, tempat yang dibangun itu berupa interest poin dan pengunjung bisa makan atau minum.

"Tempatnya berupa interest poin, dimana pengunjung bisa makan dan minum. Semacam sarana akomodasi berupa rest area," kata Budhy.

Dalam pembangunannya kata dia, ada beberapa batasan desain fisik. "Contohnya kalau sarana akomodasi strukturnya 80% harus menggunakan bahan tidak permanen atau kayu, harus mengadopsi arsitektur budaya setempat, tidak boleh bertingkat dan lain-lain," kata Budhy. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved