Berita Internasional

Perancis Berlakukan Larangan Bawa Smartphone ke Sekolah Mulai September

Para siswa sekolah di Perancis kini dilarang membawa telepon pintar saat kegiatan belajar mengajar kembali dimulai pada 1 September mendatang

Perancis Berlakukan Larangan Bawa Smartphone ke Sekolah Mulai September
SmartphoneNinja
Smartphone. 

POS-KUPANG.COM - Para siswa sekolah di Perancis kini dilarang membawa telepon pintar atau gawai lainnya saat kegiatan belajar mengajar kembali dimulai pada 1 September mendatang.

Larangan bagi para siswa membawa telepon pintar atau gawai terkoneksi internet lainnya seperti tablet, diterapkan untuk siswa sekolah berusia 3 hingga 15 tahun.

Aturan baru ini disahkan para anggota parlemen Perancis pada Senin (29/7/2018).

Sementara di sekolah-sekolah menengah dengan siswa berusia 15 tahun ke atas, bisa memilih untuk menerapkan aturan ini atau tidak. Baca juga: Mungkinkah Ada Telepon Pintar dalam Lukisan Buatan 1850?

"Kita tahu saat ini ada fenomena kecanduan ponsel, fenomena penggunaan telepon genggam yang berlebihan," kata Menteri Pendidikan Perancis Jean-Michel Blanque kepada stasiun televisi BFMTV.

"Tugas utama kita adalah melindungi anak-anak dan para remaja ini. Ini adalah peran mendasar pendidikan dan hukum mendukungnya," tambah Blanquer.

Disahkannya undang-undang ini menjadi salah satu janji kampanye Presiden Emmanuel Macron yang bisa dipenuhi.

Usulan undang-undang ini didukung 62 anggota parlemen dari partai berhaluan tengah La Republique en Marche! yang menaungi Macron.

Sementara, sejumlah anggota parlemen dari haluan kiri dan kanan memilih abstain karena menganggap undang-undangn ini tidak akan mengubah apapun.

"Di mata kami, ini bukan aturan abad ke-21, tetapi hukum dari masa televisi berita," kata Alexis Corbiere, perwakilan dari partai sayap kiri Unbowed France yang juga mantan guru.

"Nyatanya, larangan semacam ini sudah pernah dibuat. Saya tak tahu apakah ada guru di negeri ini yang mengizinkan telepon genggam ada di dalam kelas," tambah Alexis.

Pada 2010, Perancis memang menerbitkan undang-undang yang melarang penggunaan telepon pintar selama proses belajar mengajar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai September, Siswa Perancis Dilarang Bawa "Smartphone" ke Sekolah", https://internasional.kompas.com/read/2018/08/01/18274231/mulai-september-siswa-perancis-dilarang-bawa-smartphone-ke-sekolah.

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved