Berita Malaka

Begini Aktivitas Yanuarius di Sawahnya Saat Menyiangi Gulma

Petani sawah di Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Yanuarius Seran sudah mulai menyiangkan gulma di sawahnya

Begini Aktivitas Yanuarius di Sawahnya Saat Menyiangi Gulma
pos kupang.com, teni jenahas
Petani sawah Weliman, Kabupaten Malaka,;Yanuarius Seran sudah mulai menyiangkan gulma di sawahnya. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BETUN---Petani sawah di Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Yanuarius Seran sudah mulai menyiangkan gulma di sawahnya.

Penyiangan gulma ini merupakan tahapan dalam mengembangkan padi sawah agar padi bertumbuh subur tanpa gangguan penyakit.

Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Desa Laleten, Jeremy Nahak mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (1/8/2018).

Menurut Jeremy, padi sawah di desa dampingannya ada yang sudah tahap penyiangan dan ada yang masih lakukan penanaman. Sebagian kecil lagi sedang menyiapkan lahan.

Untuk sawah milik Yanuarius Seran yang adalah Ketua Poktan Budimakmur sudah tahap penyiangan gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan padi.

Menurut Jeremy, pola kerja petani sawah yang menerapkan teknologi pertanian modern dengan pola pertanian tradisional sangat berbeda. Sistem pertanian modern seperti yang dilakukan petani Laleten menuntut petani agar selalu konsentrasi di sawah karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan di sawah.

Setelah padi ditanam, petani harus melakukan kontrol dan pada waktunya, petani harus menjalani tahapan-tahapan lainnya seperti, menyiram pupuk, menyiang gulma dan pekerjaan lainnya yang sudah menjadi prinsip dalam usaha padi sawah modern.

Seperti yang dilakukan petani sawah Yanuarius Seran yang adalah Ketua Poktan Budimakmur. Seran memiliki lahan seluas 1,30 hektare. Pola tanam yang dilakukan adalah jajar legowo 2:1.

Usai mengelola lahan, ia menanam padi, lalu menyiram pupuk. Selanjutnya melakukan penyiangan gulma. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved