Berita Sikka

Sudah Sepekan Paus Terdampar di Desa Kolidetun

Seekor ikan paus terdampar di Pantai Liwu Piren, Desa Kolidetung, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau Flores sudah seminggu.

Sudah Sepekan Paus  Terdampar  di Desa Kolidetun
istimewa
Ikan Paus terdampar di Desa Kolidetung, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau Flores. (*) 

Laporan Wartawan Pos-kupang, Eginius Mo’a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Seekor  ikan  paus  terdampar  di  Pantai  Liwu  Piren, Desa   Kolidetung, Kecamatan Lela, Kabupaten  Sikka, Pulau  Flores  sudah  berlangsung seminggu.

Menurut warga Desa Hepang,  Kecamatan  Lela, Blasius Lincianus Nong, ikan paus  itu terdampar   hari Rabu (25/7/2018) sore setelah   gelombang besar.

“Hari  itu  ada warga yang melihat paus. Namun   tidak  ada yang berani mendekat,  karena  gelombang sangat tinggi. Lokasi terdampar  dipercaya warga  tempat keramat. Pada hari  Kamis (26/7) baru diketahui ikan  paus  terdampar,” ujar Blasius,  dihubungi Selasa  (31/7/2018) siang.

Ikan  paus  terdampar di  lokasi ini   kejadian  yang ketiga. Pertama   tahun 1970-dan  dan  kejadian kedua 1990-an. Dalam  dua  kali  kejadian itu, ikan  paus    yang terdampar sudah mati dibawa  gelombang ke pesisir pantai.

Marselinus Yosef,  warga Desa Hepang dan warga  lainnya datang  ke lokasi dan mengambil tulang  badan dan leher sebanyak delapan  buah ukuran besar dan dibawa menggunakan gerobak menuju Desa Hepang sekitar  1  Km.

Menurut  Marselinus, tulang paus mudah diambil karena  dagingnya  sudah lembek dan tulang rusuknya pun mudah terlepas. Dia perkirakan ikan paus   itu sekitar seminggu terombang-ambing di laut sebelum terdampar di pantai tersebut.

“Kami ambil tulang paus  dijadikan cendera mata dan kenang-kenangan. Saya ambil yang dibagian leher berbentuk bulat dan bisa dipergunakan untuk dijadikan kloset wc, “ tuturnya.

Ia menambahkan,  ikan paus  memiliki  panjang  belasan meter telah  menjadi  bangkai  yang busuk. Bagian kepalanya tidak ditemukan, meski telah dicari di pesisir pantai dari   Desa Hepang hingga Desa Kolidetung.  *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved