Berita NTT

DPRD NTT Minta Pihak Otoritas Pelabuhan Perhatikan Informasi Cuaca

DPRD NTT meminta pihak otoritas pelabuhan penyeberangan agar memperhatikan informasi tentang cuaca dari BMKG

DPRD NTT Minta Pihak Otoritas Pelabuhan Perhatikan Informasi Cuaca
KOMPAS.COM
Kapal feri Lestari Maju yang melayani penyeberangan ke Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, dikabarkan tenggelam, Selasa (3/7/2018) siang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG --- DPRD NTT meminta pihak otoritas pelabuhan penyeberangan agar memperhatikan informasi tentang cuaca dari BMKG. Selain informasi cuaca, perlu memperhatikan kapasitas dari setiap kapal yang hendak berlayar.

Permintaan ini disampaikan Anggota Komisi IV DPRD NTT, Boni Jebarus,S.E alias Bonjer kepada Pos Kupang, Selasa (31/7/2018).

Bonjer menanggapi kasus tenggelamnya Kapal Berkat Ilahi di perairan Sape, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/7/2018).

Menurut Bonjer, hal utama yang diperhatikan, adalah informasi cuaca seperti peringatan dini dan sebaginya dari BMKG harus disampaikan ke semua otoritas pelabuhan penyeberangan maupun pelabuhan -pelabuhan rakyat .

"Sehingga informasi ini disampaikan kepada pemilik kapal dan nahkoda sehingga ikut mewaspadai pelayaran. Apabila di dalam informasi itu menyatakan pelayaran dihentikan maka harus diindahkan atau ditaati," kata Bonjer.

Dijelaskan, masalah lain yang dihadapi adalah menajemen pelabuhan yang lemah, selain mental petugas di setiap pelabuhan‎.

"Pengaruh teknologi dan sarana prasarana di pelabuhan yang mendukung pelayaran di pelabuhan. Saya contohkan di darat ada alat ukur seperti jembatan timbang untuk mengetahui kapasitas daya angkut kendaraan. Nah., kalau di laut apa yang menjadi alat ukur untuk mengetahui batas daya angkut barang atau penumpang oleh kapal laut," katanya.

Dia memimta informasi dari BMKG harus dipublikasikan secara luas kepada masyarakat, terutama di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan.

"Karena kalau ada warning peringatan ini, maka petugas bisa sampaikan ke semua pelayaran di pelabuhan. Saya kira ini yang perlu diperhatikan dalam dunia pelayaran," katanya. (*)

Tags
DPRD NTT
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved