Berita Regional

Saat Resmikan Bendungan Tanju di Dompu, Presiden Sebut Indonesia Tertinggal dari Tiongkok

Presiden Ir. Joko Widodo meresmikan Bendungan Tanju di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (30/7/2018).

Saat Resmikan Bendungan Tanju di Dompu, Presiden Sebut Indonesia Tertinggal dari Tiongkok
KOMPAS.Com/Syarifudin
Presiden Ir. Joko Widodo saat meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Tanju di Dompu, NTB, Senin (30/7/2018) 

POS-KUPANG.COM | DOMPU - Presiden Ir. Joko Widodo meresmikan Bendungan Tanju di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (30/7/2018).

Dalam peresmian itu, Presiden menyebutkan, Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara luar seperti Tiongkok dan Jepang yang memiliki banyak waduk atau bendungan.

"Di Tiongkok ada 110.000 waduk, Jepang 3.000. Di negara kita hanya ada 231. Artinya, kita masih kekurangan waduk dan bendungan. Dan, di NTB segera akan diselesai 5 waduk, termasuk yang terbanyak dari provinsi yang lain," kata Presiden.

Baca: Gempa di Lombok, TNI Terjunkan 140 Personel Kopassus Evakuasi Wisatawan di Gunung Rinjani

Peresmian bendungan ini ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Jokowi tiba di Bendungan Tanju sekitar pukul 11.02 Wita dengan menggunakan helikopter setelah bertolak dan meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kedatangan Presiden didampingi Ibu Negara, Iriani Joko Widodo, Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Kehadiran presiden disambut oleh Bupati Dompu, H Bambang M Yasin, dan Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan apresiasi karena pembangunan bendungan tanju bisa diselesaikan.

Presiden berharap, bendungan tersebut dapat meningkatkan komoditas pertanian di Dompu. "Hari ini saya sangat senang sekali Bendungan Tanju telah selesai. Waduk ini akan segera memberikan irigasi air ke 2.250 hektar lahan. Daya tampung bendungan ini gede sekali, 18 juta meter kubik. Oleh sebab itu, bendungan ini kita harapkan nanti komoditas pertanian bisa meningkat dan bisa naik dengan cepat," harap Jokowi.

Dengan mengucapakan bismillah, Bendungan Tanju akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help