Berita Sumba Timur

KM Sabuk Nusantara-79 Bisa Angkut 500 Penumpang dan 100 Ton Barang

KM Sabuk Nusantara-79 pada tahun 2018 ini akan melayani dengan rute Waingapu-Mamboro-Waikelo-Padak-Bima-Kay angan dan Benoa Pergi pulang (PP).

KM Sabuk Nusantara-79 Bisa Angkut 500 Penumpang dan 100 Ton Barang
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora saat menekan tombol sirene kapal KM Sabuk Nusantara-79 tanda melepas pengoperasian perdana kapal itu, Senin (30/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Kepala KSOP Waingapu yang juga mewakili Direktur Lalulintas dan Perhubungan Laut Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Rosihan Gamtjin, kepada wartawan seusai acara Pelepasan Pengoperasian Perdana KM Sabuk Nusantara-79 di Pelabuhan Nusantara Waingapu, Senin (30/7/2018), mengatakan, KM Sabuk Nusantara-79 pada tahun 2018 ini akan melayani dengan rute Waingapu-Mamboro-Waikelo-Padak-Bima-Kay angan dan Benoa Pergi pulang (PP).

Baca: SBY Bilang Prabowo adalah Calon Presiden Kita

"Mudah-mudahan tahun Depan kita mengubah trayeknya sesuai permintaan pak bupati Sumba Timur untuk menghubungkan titik-titik pariwisata seperti Labuan Bajo,"ungkapnya.

Rosihan menjelaskan kapal tersebut dengan kapasitas bisa mengangkut penumpang sebanyak sebanyak 500 penumpang dan barang seberat 100 ton lebih dengan lama perjalanan sepuluh hari untuk PP dan itu tergolong cepat.

Kata dia, kapal untuk program Tol Laut untuk pangkalan perintis dua unit dimana satu unit kapal swasta untuk mengangkut barang namun digunakan untuk kapal perintis dalam program Tol Laut. Selain itu, ada juga sejumlah kapal singgah termasuk kapal ternak dan untuk angkutan ke arah timur ada, namun kapalnya jenis kapal swasta berupa kapal barang yang difungsikan sebagai kapal cargo.

"Mudah-mudahan agar ada tambahan kapal dari pemerintah pusat jika ada uangnya dan ada kapalnya,"ungkap Rosihan. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved