Berita Kabupaten Malaka

Petrus Bria Sebut Pramuka Jadi Sarana Pembentukan Karakter

Kepala Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran, membuka kegiatan pramuka Saka Wira Kartika Cabang Koramil 1605-04/Betun

Petrus Bria Sebut Pramuka Jadi Sarana Pembentukan Karakter
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kepala Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran, saat membuka kegiatan pramuka Saka Wira Kartika Cabang Koramil 1605-04/Betun, Sabtu (28/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran, membuka kegiatan pramuka Saka Wira Kartika Cabang Koramil 1605-04/Betun, Sabtu (28/7/2018).

Petrus Bria menyebutkan pramuka merupakan salah satu sarana yang sangat baik untuk membentuk karakter kaum muda dan bisa melatih kaum muda untuk disiplin dan hidup mandiri.

Baca: 16 Poktan di Malaka Kembangkan Bawang Merah

Acara pembukaan Saka Wira Kartika Cabang Koramil 1605-04/Betun berlangsung di lapangan voli Koramil Betun dengan tema kegiatan, Pramuka Agen Perubahan Untuk Membentuk Karakter Kaum Muda. Kegiatan selama dua hari itu diikuti siswa/i SMAN Harekakae, SMA Sinar Pancasila Betun dan Kwarcab Kabupaten Belu.

Kegiatan dihadiri Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Malaka, Dewan Kerja Kwarcab Malaka dan Anggota Koramil 1605-04/Betun

Dandim 1605/ Belu, Letkol (Czi) I Gusti Putu Dwika melalui Danramil 1605-04 Betun, Mayor (Inf) Tasdiq Pranoto mengatakan Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional.

"Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat," kata Tasdiq.

Menurut Tasdiq, melalui kegiatan ini dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Anggota Saka Wira Kartika disyaratkan seorang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega, baik putra dan putri yang menjadi anggota gugus depan di wilayah cabang atau ranting dimana Saka Wira Kartika itu berada.

Menurut Tasdiq, pembinaan pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif. Kemudian, membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help