Berita Kota Kupang

Siswa SDI Maulafa Kota Kupang Antusias Ikuti Sosialisasi PHBS Oleh Mahasiswa Stikes Nusantara

Para siswa SDI Maulafa Kota Kupang antusias mengikuti sosialisasi PHBS yang dilakukan oleh mahasiswa Stikes Nusantara Kupang

Siswa SDI Maulafa Kota Kupang Antusias Ikuti Sosialisasi PHBS Oleh Mahasiswa Stikes Nusantara
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Suasana kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh BEM Stikes Nusantara Kupang di SDI Maulafa Kota Kupang, Sabtu (28/7/2018) pagi. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Para siswa Sekolah Dasar Inpres (SDI) Maulafa Kota Kupang antusias mengikuti sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Nusantara Kupang, Sabtu (28/7/2018) pagi.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.00 Wita tersebut mengambil tempat di satu ruangn di sekolah yang beralamat di Jl Maulafa Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Sejak awal kegiatan, para siswa yang terdiri dari beberapa kelas memenuhi ruangan dan menyimak materi yang disampaikan oleh para mahasiswa.

Baca: BEM Stikkes Nusantara Kupang Sosialisasi PHBS di SDI Maulafa Kota Kupang

Para siswa merespon dengan baik setiap pertanyaan dengan menjawab satu demi satu pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa terkait kebersihan diri dan lingkuangan.

Setelah mendapatkan materi di dalam kelas, para siswa tersebut diajak ke halaman sekokah untuk mempraktekkan materi yang didapatkan.

Terlihat beberapa tempat penampungan air, sabun cuci tangan dan peralatan lainnya yang telah disediakan oleh mahasiswa untuk digunakan oleh para siswa mempraktekkan materi terkait PHBS yang telah didapatkan

Artha Klau (10), seorang siswi yang duduk di bangku kelas V SDI Maulafa kepada POS-KUPANG.COM disela kegiatan mengatakan, dirinya mengaku senang dapat mengikuti kegiatan tersebut karena bukan hanya mendapatkan materi terkait cara mencuci tangan yang baik dan benar, akan tetapi, lanjut Artha, ia dan siswa lainnya pun mendapatkan materi tentang pentingnya kebersihan kelas dan lingkungan.

Hal senada diungkapkan Mario Mbuik (10), seorang siswa yang duduk di kelas V SDI Maulafa, dikatakannya, ia bersama siswa lainnya merasa senang sekaligus menikmati kegiatan karena dalam pemaparan materi, para mahasiswa juga mengadakan beberapa permainan kepada para siswa.

'Ada putar video juga. Kalau bisa nanti ada kagiatan lagi," ungkap Mario Mbuik diamini sejumlah teman-temannya.

Vita Ratu, seorang mahasiswi Stikes Nusantara Jurusan Kebidanan kepada POS-KUPANG.COM disela kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu kegiatan mendukung agenda pemerintah yakni Gerakan Masyarakat Sehat (Germas)

"Sekarang di masyarakat ada Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), ini salah satu bagian dari mahasiswa menjalankan gerakan itu kepada masyarakat khususnya anak-anak khususnya ditingkat SD," ungkap Vita yang juga anggota kepanitiaan kegiatan tersebut.

Selain itu, Vita juga mengungkapkan, dirinya merasa senang dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut karena dapat membagikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada para siswa sekolah dasar sehingga para siswa tersebut dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumahnya.

Sherly Mooy, seorang mahasiswi Jurusam Keperawatan Stikes Nusantara Kupang mengatakan, dalam penyampaian materi oleh mahasiswa telah diberikan pemahaman terkait kebersihan diri dan lingkungan sehingga pada siswa diharapkan dapat lebih memahami pentingnya menjaga kebersihan diri.

"Semoga adik-adik bisa mengerti dan lakukan materi yang tadi disampaikan baik di sekolah maupun di rumah, katong (kami) hanya harap yang terbaik untuk adik-adik," ungkap Sherly (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved