Berita Internasional

Paus Terima Pengunduran Diri Mantan Uskup Washington DC Theodore McCarrick

Paus Fransiskus menerima pengunduran Mantan Uskup Washingtong DC di tengah terpaan isu pelecehan seksual.

Paus Terima Pengunduran Diri Mantan Uskup Washington DC Theodore McCarrick
The Guardian
Theodore McCarrick has been removed from public ministry since 20 June. Photograph: Robert Franklin/AP 

POS-KUPANG.COM - Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri Theodore McCarrick, mantan Uskup Agung Washington DC dan salah satu tokoh paling terkemuka di gereja Katolik AS, (Sabtu, 28/7/2018).

Dilansir, media terkemuka di Inggris The Guardian dan media di Amerika Serikat, Washington Post, pengunduran diri Theodore ini dilakukan menyusul adanya tuduhan pelecehan seksual yang diduga melibatkan seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun.

Baca: Prabowo Legowo jika Tak Jadi Capres, Begini Penilaian PKS

Baca: Euforia Transfer Cristiano Ronaldo Bisa Rugikan Juventus

Pihak Vatikan menyebutkan, Theodore McCarrick (88) mengaku telah mengirim surat pengunduran dirinya kepada paus pada Jumat (27/8/2018) malam.

Beberapa minggu terakhir telah terjadi serentetan dugaan bahwa selama perjalanan karirnya, Theodore McCarrick telah secara seksual melecehkan baik anak laki-laki maupun orang dewasa seminaris.

Hal ini menjadi ujian bagi keputusan Francis yang baru-baru ini dinyatakan untuk memerangi apa yang disebutnya "budaya menutup-nutupi" pelecehan seperti itu dalam hierarki gereja Katolik.

Baca: Kasus Suap Bupati Lampung Selatan, KPK Temukan Sejumlah Dokumen Pendukung

Baca: Mikhael Hayon Satu-satunya Anggota DPRD Flotim yang Tidak Maju Caleg 2019

Sebelumnya, Theodore McCarrick telah dikeluarkan dari pelayanan publik sejak 20 Juni 2018, sambil menunggu penyelidikan penuh atas tuduhan bahwa dia melecehkan seorang anak kecil lebih dari 40 tahun yang lalu di New York City.

Awalnya, tuduhan pelecehan seksual ini dibantah Theodore McCarrick.

Selain menyetujui McCarrick mengundurkan diri sebagai kardinal, Paus Fransiskus memerintahkannya untuk melakukan "kehidupan doa dan penebusan dosa" sampai tuduhan terhadapnya diperiksa dalam persidangan gereja Katolik.

Karier Theodore McCarrick melejit melalui gereja AS, dari uskup auksilier di New York City, ke uskup di Metuchen, New Jersey, ke uskup agung Newark, New Jersey, dan kemudian ke Uskup Agung Washington DC, di mana duta paus untuk Amerika Serikat dipusatkan.

Baca: Sehari Sebelum Meninggal, Idol KPop Dongyoon Spectrum Sempat Posting Foto Bahagia

Baca: Jet Tempur Termahal F-35 Israel Dilaporkan Tertangkap Radar

Sementara itu, sebagian besar skandal yang melibatkan pelecehan seksual oleh imam-imam golongan, beberapa kasus melibatkan uskup dan ada beberapa yang melibatkan kardinal, termasuk kasus terkini di Australia yang melibatkan salah satu penasihat terdekat Paus Fransiskus, Kardinal George Pell .

Dalam kasus kardinal Skotlandia Keith O’Brien, yang dituduh oleh mantan seminaris tahun 2013 tentang pelanggaran seksual, Paus Fransiskus hanya menerima pengunduran dirinya setelah jaksa penuntut utama Vatikan melakukan penyelidikan penuh, dua tahun setelah instruksi pertama keluar.

Baca: Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Pemilu Melanggar UUD 1945 dan Asas Retroaktif

Baca: Empat Pelaku Penembakan di Pejagalan Ditangkap, Satu Orang Buron

Dalam pernyataannya tentang McCarrick, Vatikan mengatakan: Paus Fransiskus menerima pengunduran dirinya dari kardinal dan telah memerintahkan penangguhannya dari pelaksanaan setiap pelayanan publik.

Bersama dengan itu, McCarrick diwajibkan untuk tetap tinggal di sebuah rumah yang belum diberitahukan kepadanya, karena hidup doa dan penebusan dosa sampai tuduhan yang dibuat terhadapnya diperiksa dalam persidangan kanonikal biasa. (theguardian.com/roy)

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help