Berita Kabupaten Malaka

Dokter Dikson: Ini Bukan Tes Gangguan Kejiwaan Tapi Tes Mengetahui Kepribadian

Ini bukan tes gangguan jiwa, bahkan sampai ada yang berpikir bawa nanti caleg ini diperiksa kejiwaannya

Dokter Dikson: Ini Bukan Tes Gangguan Kejiwaan Tapi Tes Mengetahui Kepribadian
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Bakal calon legislatif Kabupaten Malaka saat mengikuti tes kesehatan jiwa, di Aula Dekenat Malaka.

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM|MALAKA--Dokter Spesialis Kejiwaan, Dikson Lego, Sp.KJ mengatakan, tes kesehatan jiwa bukan berarti melakukan tes gangguan jiwa tetapi tes untuk mengetahui kepribadian sesorang.

"Ini bukan tes gangguan jiwa, bahkan sampai ada yang berpikir bawa nanti caleg ini diperiksa kejiwaannya. Tapi ini seleksi atau ujian untuk mengetahui kepribadian seseorang," kata Dokter Dikson kepada wartawan di sela-sela kegiatas pemeriksaan kejiwaan para caleg di Malaka, Rabu (25/7/2018).

Menurut Dikson, dalam pemeriksaan kejiwaan para caleg, dokter mengajukan 566 soal yang harus dijawab oleh para caleg dalam waktu 90 menit. Pernyataan dalam soal itu harus diisi secara jujur.

"Dalam soal tersebut ada dua kotak yakni positif dengan kotak negatif. Jika peryataan tersebut sesuai dengan kepribadiannya maka jawablah dengan jujur pada kolom positif dengan memberi silang (X) dan jika tidak cocok maka disilang di kolom negatif," kata Dikson.

Untuk diketahui bakal calon legislatif Kabupaten Malaka mengikuti tes kesehatan jiwa, di Aula Dekenat Malaka.
Pemeriksaan tersebut dilakukan tim dokter Ahli Jiwa, RSJ. Naimata Kupang, bekerjasama dengan RSUPP Betun.

Direktur RSPP Betun, dokter Oktelin K. Kaswadie dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT dengan RSUPP Betun untuk melaksanakan pemeriksaan kejiwaan para bakal caleg di Kabupaten Malaka.

Jurubicara KPU Kabupaten Malaka, Yosep Nahak mengatakan, kegiatan tes kejiwaan merupakan salah satu syarat yang diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang calon DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help