Berita Kabupaten Nagekeo

Bupati Terpilih Apresiasi Proses Pilkada Serentak di Nagekeo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nagekeo resmi menetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2, dr. Johanes Don Bosco Do dan Marianus Waja

Bupati Terpilih Apresiasi Proses Pilkada Serentak di Nagekeo
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, dr. Don Bosco Do, Marianus Waja bersama istri serta Anggota KPU usai rapat pleno di Hotel Pepita Mbay, Kamis (26/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nagekeo resmi menetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2, dr. Johanes Don Bosco Do dan Marianus Waja, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo periode 2018-2023.

Proses penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka oleh KPU Nagekeo yang dipimpin oleh Ketua KPU Nagekeo, Wigbertus Ceme berlangsung Hotel Pepita Mbay Kelurahan Danga, Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Kamis (26/7/2018).

Baca: Yunus Akui Tak Ada Buaya di Pantai Pasir Panjang

Paslon yang menggunakan nama Paket YES ini memperoleh suara dalam Pilkada 27 Juni 2018 lalu yaitu, 23.613 suara (31,03%).

Keduanya diusung oleh Partai Gerindra dan PKB.

Penetapan rapat pleno itu seperti tertuang dalam Keputusan KPU : 44/HK.03.1-Kpt/5316/KPU-Kab/VII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo tahun 2018.

Bupati terpilih, dr. Johanes Don Bosco Do, kepada awak mengatakan, menilai pesta demokrasi yang terjadi di Nagekeo berjalan aman dan kondusif.

Saat ini semua pihak menerima kekalahan dan penetapan dirinya dan Marianus Waja merupakan suatu hal yang tepat karena memperoleh suara tertinggi saat Pilkada serentak 27 Juni lalu.

"Secara umumnya berhasil. Sesuai apa yang dikatakan ketua KPU (Wigbertus Ceme) beberapa catatan terkait pelaksanaan Pilkada. Tapi saya bergembira bahwa setiap ada masalah, walaupun itu sulit, kita bisa akhirnya bisa menyepakati kalau itu masalah dan ada jalan keluarnya.

Dan kalau tidak salah ada satu atau dua kasus yang masuk ke ranah hukum. Karena ini proses pembelajaran. Kalau lima tahun lalu saya sampai ke MK tahun ini dengan begitu ada persoalan dan langsung diselesaikan saya kira sesama kontestan sangat puas dengan proses ini. Sehingga tidak ada yang merasa tidak beres dalam penyelenggaraan ini. Setiap potensi kekeliruan kita langsung atasi," papar pria yang akrab disapa dr. Don ini.

dr. Don mengatakan, Paket YES dalam Pilkada serentak 2018 sudah sangat siap. Mulai dari TPS, PPK sampai Pleno Kabupaten sangat siap mengawal dokumen-dokumen penting terkait proses penyelenggaran Pilkada.

Ia mengapresiasi kinerja KPU, Panwaslu, Polri dan TNI yang sudah profesional dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

"Kalau Panwaslu bagus. Tapi kalau KPU harus lebih siap lagi menyonsong Pilnas 2019, karena itu berhadapan dengan banyak orang dan ada penambahan dua kali lipat TPS. Kali ini hanya lima Paslon, Pilnas ini banyak kalau tidak siap betul bisa repot. Harus siap," ungkap dr. Don.

Pantauan Pos Kupang.Com, hadir saat itu, Bupati terpilih dr. Don Bosco Do bersama istri, Wakil Bupati terpilih Marianus Waja bersama istri, anggota parpol koalisi, penghubung Paket Evas, Aloriwu dan Penghubung Paket Garda, para anggota PPK se Kabupaten Nagekeo, Panwaslu Nagekeo, Wakapolsek Aesesa, Iptu Dahlan, Danramil Aesesa, Aparat Kepolisian dan TNI serta tamu undangan lainnya. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help