Berita Kabupaten TTS

Pleno Penetapan Hasil Pilbup TTS Menunggu Hasil Sidang Mahkamah Konstitusi

Pleno penetapan hasil Pilbup TTS masih menunggu hasil sidang sengketa perselisihan hasil pemilu (PHP) di Makamah Konstitusi (MK)

Pleno Penetapan Hasil Pilbup TTS Menunggu Hasil Sidang Mahkamah Konstitusi
pos kupang.com, dion kota
Ketua KPU Kabupaten TTS, Ayub Magang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Pleno penetapan hasil pemilihan bupati (Pilbup) TTS masih menunggu hasil sidang sengketa perselisihan hasil pemilu (PHP) yang diajukan paket Naitboho - Kase ke Makamah Konstitusi (MK) pada 27 Juli mendatang.

Jika hakim menerima gugutan PHP tersebut, maka MK akan bersurat ke KPU Kabupaten TTS untuk menundah pleno penetapan hasil Pilbup, tetapi jika hakim MK menolak, maka MK akan mengirimkan surat pemberitahuan jika pleno penetapan bisa dilakukan.

Baca: Realisasi Fisik Proyek PUPR NTT Capai 67 Persen, Lebih Cepat 24 Persen dari Sebelumnya

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kabupaten TTS, Ayub Magang kepada pos kupang, Rabu (25/7/2018) di ruang kerjanya.

Ayub menjelaskan, pihaknya belum bisa melaksanakan pleno penetapan hasil karena masih menunggu hasil sidang perdana sengketa PHP Pilbup TTS.

Pada sidang yang akan berlangsung pada 27 Juli mendatang, Ayub mengatakan, pihak KPU hanya akan diwakili pengacara yang telah ditunjuk KPU RI.

"Untuk pertama, kita hanya diwakili pihak pengacara saja. Jika Majelis hakim menyatakan gugutan sengketa PHP nya diterima dan lanjut, maka pada sidang berikutnya para kita (komisioner KPU) hadir. Jika terima, maka pleno penetapan hasil Pilbup menunggu hasil sidang MK," ungkap Ayub.

Ketika disinggung terhasil tahap Pileg, dikatakan Ayub saat ini memasuki tahapan perbaikan hasil verifikasi tahap pertama.

Berkas persyaratan kelengkapan Caleg sudah dikembalikan ke masing-masing partai politik guna dilengkapi persyaratan yang masih kurang.

Pasca diserahkan kembali pada 21 Juli lalu, hingga saat ini belum ada partai politik yang menyerahkan kembali berkas hasil perbaikan. Sesuai jadwal, penyerahan berkas kelengkapan Caleg akan dilakukan pada 30 Juli mendatang.

" Belum, ada partai politik yang menyerahkan kembali dokumen kelengkapan calegnya. Mayoritas masih memperbaiki kekurangan kelengkapan persyaratan calegnya. Sesuai jadwal, tanggal 30 Juli baru partai politik memasukan kembali dokumen kelengkapan calegnya," jelas Ayub.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten TTS menemukan adanya calon legislatif yang namanya tercantum dalam dua partai politik saat melakukan verifikasi tahap pertama.

Selain itu, KPU juga menemukan mayoritas surat keterangan sehat para Caleg yang diurus di RSUD Soe tanpa dilengkapi dengan rincian hasil pemeriksaan.

Oleh sebab itu, KPU Kabupaten TTS akan bersurat ke pihak RSUD Soe untuk bisa memberikan rincian hasil pemeriksaan para Caleg. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help