Berita Sumba Barat

Kaban Keuangan Sumbar, SDM Desa Mumpuni, Percepat Pencairan Dana Desa

penempatan sumber daya manusia aparatur desa di 63 desa se- Sumba Barat cukup baik sehingga mampu mempercepat pencairan dana desa setiap tahap

Kaban Keuangan Sumbar, SDM Desa Mumpuni, Percepat Pencairan Dana Desa
pos kupang.com, petrus piter
Kepala Badan Keuangan,Aset dan Pendapatan Daerah Sumba Barat, Daniel B.Pabala

Laporan Wartawan Pos-kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK---Kepala Badan Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah Sumba Barat, Drs. Daniel Pabala, mengapresiasi penempatan sumber daya manusia aparatur desa di 63 desa se- Sumba Barat cukup baik sehingga mampu mempercepat pencairan dana desa setiap tahapnya.

Saat ini aparat desa cukup mampu menjalankan tugas sesuai fungsi dan tugas pokoknya. SDM memadai itu memudahkan dalam pengelolaan keuangan, pelaksanaan kegiatan desa dan pembuatan laporan kegiatan setiap tahapnya.

Namun demikian, masih banyak hal yang perlu dipelajari dengan baik desa demi memperlancar kegiatan desa.

Karenanya pendampingan desa terus dilakukan demi memudahkan pemahaman aparatur desa mengelolah dana desa berikut pelaksanaan kegiatan serta pelaporannya.

Hal itu terbukti pencairan dana desa tahai I dan II lebih cepat dibanding tahun sebelumnya. Harapan ke depan hal tersebut dipertahankan atau ditingkatkan lebih baik lagi.

Kepala badan keuangan, aset dan pendapatan daerah Sumba Barat, Drs. Daniel Pabala menyampaikan hal itu di Waikabubak, Rabu (25/7/2018).

Menurutnya, sebetulnya sederhana saja, desa cairkan dana, belanja kegiatan desa berdasarkan rencana desa dan terakhir membuat laporan pertanggungjawan pengelolaan keuangan dan kegiatan desanya.

Kalau semua berjalan sesuai tahapan dan rencana kerja desa maka pengelolaan dana desa Sumba Barat berjalan aman dan lancar. Kondisi itu berbeda kalau pengelolaan keuangan desa tidak mematuhi ketentuan yang ditetapkan.

Baginya, sebagai kepala badan keuangan dalam hal pencairan dana penerintah termasuk dana desa harus berpedoman kepada ketentuan yang berlaku. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help