Berita Kabupaten Malaka

Pius Rengka: Tradisi Menulis Itu Sangat Bagus

Pembedah tunggal Buku 2 Tahun SBS-DA Memimpin Malaka, Pius Rengka, S.H, M.Sc menilai penulisan buku merupakan tradisi yang sangat bagus.

Pius Rengka: Tradisi Menulis Itu Sangat Bagus
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pius Rengka, S.H, M.Sc 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Pembedah tunggal Buku 2 Tahun SBS-DA Memimpin Malaka, Pius Rengka, S.H, M.Sc menilai penulisan buku yang dilakukan penulis bersama timnya merupakan tradisi yang sangat bagus.

Lewat tradisi menulis atau tradisi literasi, masyarakat bisa melihat, menyimpan dan memastikan serta menilai tokoh politik atau pemimpinnya tentang hal yang dilakukan untuk kepentingan rakyat.

Baca: Rp 23,8 Miliar Bangun Jalan Pariwisata Menuju Pantai Nihi Watu

"Menuliskan cerita tentang sesuatu perjalan kepemimpinan merupakan tradisi yang bagus agar masyarakat bisa melihat, menyimpan, memastikan dan menilai, apakah tokoh politik atau pemimpin itu membuat sesuatu untuk kepentingan rakyat atau tidak," kata Pius Rengka.

Menurut Pius Rengka, menulis tahapan dan perkembangan pembangunan yang dijalankan seorang tokoh sangat bagus karena referensi tulisan lebih bagus untuk disimpan dan bertahan lama.

Terkait isi buku tersebut, Pius Rengka menilai, buku tersebut hanya mendeskripsikan sesuatu yang telah dibuat pemimpinnya, bukan membangun argumen analisis. Dalam dunia jurnalistik, buku 125 halaman itu sama dengan warta berita yang dibukukan.

"Buku ini hanya mendeskrikan apa yang sudah dibuat. Dia tidak membangun argumen analisis. Dalam dunia jurnalistik, buku ini sama dengan warta berita yang dibukukan," kata Pius Rengka.

Lanjut Pius, Buku 2 Tahun SBS-DA mengulas tentang program yang sudah dilakukan dan hal itu bersifat nyata. Misalnya, menuliskan tentang program jalan, bukti fisiknya ada dan nampak. Begitu juga ketika menulis tentang pertanian bawang, bukti kebun bawang juga nampak di lapangan.

Pius Rengka memberikan saran kepada penulis agar dalam menulis buku selanjutnya yakni Buku 3 Tahun SBS-DA Memimpin Malaka bisa dimasukan komentar dari para tokoh-tokoh lawan politik. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved