VIDEO: Upaya Dinas Kesehatan Provinsi NTT Cegah Penularan Penyakit Rubella

Dinas Kesehatan (Dinkes) NTT akan menggelar pemberian vaksin ( imunisasi‎ ) Rubella terhadap anak-anak NTT.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) NTT akan menggelar pemberian vaksin ( imunisasi‎ ) Rubella terhadap anak-anak NTT.

Yang menjadi sasaran imunisasi adalah anak-anak berusia 9 bulan -15 tahun.

Hal ini disampaikan ‎Kepala Dinas Kesehatan NTT, drg. Domi Mere melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes NTT, dr. Theresia Sarlyn Ralo, MPH, ketika ditemui Pos-Kupang.com, Jumat (20/7/2018).

Theresia dikonfirmasi soal kasus Rubella di Kabupaten Sikka.

Menurut Theresia, Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinkes NTT dalam waktu dekat akan menggelar kampanye imunisasi pemberian vaksin Rubella kepada anak usia 9 bulan -15 tahun.

"Kami akan lakukan vaksin anak-anak NTT dengan vaksin Rubella. Selain Rubella, kami juga lakukan vaksin Campak," kata Theresia.

Terkait kasus yang sudah terjadi di Sikka, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Sikka ini menjelaskan, untuk kasus di Sikka, pihaknya akan segera menangani sesegara mungkin dan perlu diatasi dengan tindakan pencegahan, yakni pemberian imunisasi‎, selain memperhatikan gizi anak.

"Jadi bagi masyarakat yang ada di Sikka itu mereka terkena virus Rubella, maka kita atasi dengan pemberian vaksin dan juga memperhatikan gizi yang cukup sehingga mereka bisa cepat pulih," katanya.

Dikatakan, upaya pencegahan atau preventif perlu dilakukan karena penyakit ini semakin lama makin menyerang masyarakat, sehingga perlu dilakukan tindakan preventif agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit tersebut.

"Kita akan pacu soal kecukupan gizi kepada masyarakat terutama anak sehingga daya tahan tubuh anak cepat pulih," katanya.

‎Sedangkan soal vaksin, ia mengakui Pemprov NTT telah melakukan distribusi vaksin ke kabupaten dan kota dalam rangka pencegahan kasus Rubella. (*)

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved