Berita Nasional

Sudah Divaksin Influenza Kok Masih Bisa Kena Pilek? Ini Pemicunya

Vaksin flu untuk mencegah virus influenza. Sementara batuk, pilek bisa juga disebabkan virus lain. Imuninasi melindungi dari virus flu

Sudah Divaksin Influenza Kok Masih Bisa Kena Pilek? Ini Pemicunya
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA
Ilustrasi tenaga medis memberikan vaksin. 

POS KUPANG.COM - - Salah satu upaya agar tak terkena influenza adalah mendapatkan vaksinasi influenza. Namun, apakah ini berarti menghindarkan anak Anda terserang pilek? 

"Vaksin flu untuk mencegah virus influenza. Sementara batuk, pilek bisa juga disebabkan virus lain. Imuninasi melindungi dari virus flu," ujar spesialis anak dari RSCM, dr Darmawan Budi Setyanto, Sp.A(K), dalam sesi media, "Merck Pediatric Forum 2018" di Jakarta, Minggu. 

Demam dan pilek yang bukan disebabkan virus influenza disebut selesma. Masyarakat awam terkadang mengartikan kondisi ini sebagai flu. Padahal, walau memiliki gejala yang relatif sama namun keduanya berbeda dari sisi derajat keparahannya. 

"Rata-rata keluhan batuk, pilek, demam, orang awam menyebutnya flu. Keliru. Yang benar selesma atau common cold. Disebut flu kalo disebabkan virus flu. Sementara ada 100 virus yang menyebabkan selesma," papar Darmawan. 

Seseorang yang terkena selesma atau common cold umumnya mengalami gangguan pada hidung dan sekitarnya. Kondisi ini juga disertai radang tidak hanya pada tenggorokan, tetapi seluruh hidung dan bagian saluran pernapasan atas lainnya. 

Anak normalnya mengalami 6-8 kali selesma per tahun.  (*)


Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved