Berita Kabupaten TTS

Ini Temuan KPU TTS Saat Verifikasi Dokumen Kelengkapan Caleg

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengatakan, mayoritas dokumen kelengkapan Caleg yang masuk ke KPU belum lengkapan.

Ini Temuan KPU TTS Saat Verifikasi Dokumen Kelengkapan Caleg
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengatakan, mayoritas dokumen kelengkapan Caleg yang masuk ke KPU belum lengkapan. Oleh sebab itu, Sabtu ( 21/7/2018), KPU Kabupaten TTS menyerahkan hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal caleg untuk selenjuti dilengkapi.

Baca: KPU TTS Temukan Adanya Caleg Daftar Lebih dari Satu Partai Politik

Dalam penelitian berkas kelengkapan dokumen Caleg, KPU Kabupaten TTS menemukan berbagai kekurangan dokumen kelengkapan caleg di antaranya, rincian surat keterangan sehat, adanya caleg dobel adanya perbedaan nama antara yang terterah di ijazah dan e-KTP, adanya caleg yang tidak mencatumkan surat pemunduran diri sebagai ASN dan honor, status pekerjaan yang dibiar kosong, belum adanya surat keterangan terdaftar sebagai pemilih pemilu 2019, Ijazah yang belum dilegalisir dan beberapa kekurangan lainnya.

Sesuai jadwal, usai dikembalikan, para caleg memiliki waktu hingga 31 Juli mendatang untuk melengkapi dokumen kelengkapan caleg yang masih kurang.

Setelah dilengkapi, selanjutnya dokumen kelengkapan caleg akan dimasukan kembali ke KPU untuk verifikasi kembali.

"Masa perbaikan terhitung dari tanggal 22 hingga 31 Juli. Saya rasa itu cukup untuk melengkapi kekurang dokumen yang ada sebelum ditetap sebagai DCS. Oleh sebab itu kita berharap para caleg bisa segera melengkapi dokumen kelengkapan caleg yang masih kurang," ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPC PKB Kabupaten TTS, Relygius Usfunan menegaskan siap melengkapi kurangan dokumen kelengkapan Caleg. Dirinya belum bisa merincikan dokumen apa saja yang masih kurang karena belum melihat secara keseluruhan dokumen caleg yang telah dikembalikan KPU.

Namun dirinya optimis, sebelum batas waktu melengkapi kembali dokumen caleg, pihaknya sudah memasukan kembali dokumen kelengkapan caleg ke KPU.

" Saya belum lihat keseluruhan rincian dokumen kelengkapan Caleg hasil verifikasi KPU sehingga belum bisa menjelaskan dokumen apa-apa saja yang masih kurang. Namun melihat waktu yang diberikan KPU, kami optimis bisa melengkapi kekurangan dokumen caleg yang ada," ujarnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help