Berita Kabupaten TTS

Waduh, Mayoritas Dokumen Caleg di TTS Belum Lengkap

Ketua Divisi Teknis, KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengaku, mayoritas dokumen Caleg belum lengkap.

Waduh, Mayoritas Dokumen Caleg di TTS Belum Lengkap
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Ketua Divisi Teknis, KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Ketua Divisi Teknis, KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengaku, dari hasil penelitian berkas dokumen calon legislatif ( Caleg) tahap I, ditemukan mayoritas dokumen Caleg belum lengkap.

Untuk itu, Sabtu (21/7/2018) KPU akan menyerahkan hasil penelitian berkas Caleg tahap I kepada para ketua partai untuk selanjutnya dilengkapi.

Baca: IAD Wilayah NTT Lakukan Upacara Memperingati HUT XVIII Tahun 2018

Baca: Anak NTT Usai 13 Sampai 16 Tahun, Yuk Daftar Lomba Lari 5K Tanggal 11 Agustus 2018

Hal ini diungkapkan Santi kepada POS- KUPANG.COM, Jumat ( 20/7/2018) di ruang kerjanya. Santi mengatakan, setelah tiga hari melakukan pemeriksaan berkas dokumen para caleg, didekati masih ada kekurangan dokumen syarat calon legislatif.

Beberapa kekurangan yang ditemukan antara lain, rincian hasil pemeriksaan kesehatan yang tidak dilampirkan dalam surat keterangan sehat, adanya perbedaan nama antara nama yang tertera di e-KTP dan ijazah, adanya perbedaan tanggal lahir antara yang tertera di ijazah dan di e-KTP, ijazah yang belum dilegalisir dan beberapa persyaratan lainnya.

" Saat kita periksa berkas dokumen caleg yang masuk, ada surat keterangan sehatnya, tetapi rincian hasil pemeriksaannya tidak ada. Ada lagi, ijazah caleg yang belum dilegalisir. Inilah beberapa kekurangan yang kami dapati saat melakukan pemeriksaan berkas dokumen caleg. Mayoritas caleg mengalami hal yang sama," ungkap Santi.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Sabtu 21 Juli 2018 Cancer Berbeda, Taurus Tulus, Zodiak Lain?

Baca: Terungkap, Tujuan Pesawat Tempur Sukhoi Indian Air Force Mendarat di Lanud El Tari Kupang

Ketika disinggung terkait acara penyerahan dokumen hasil penelitian tahap I, Santi mengatakan, kegiatan penyerahan akan berlangsung. Tetapi prihal waktu, pelaksanaan Santi mengaku, belum menentukannya.
Pasalnya, surat undangan untuk para pimpinan partai politik pun belum dikeluarkan. Sehingga dirinya belum bisa memastikan jam berapa waktu pelaksanaan penyerahan dokumen hasil pemeriksaan.

" Besok kita serahkan hasil penelitiannya, tetapi waktu pastinya saya belum bisa pastikan karena masih harus komunikasi dengan komisioner KPU lainnya. Kita berharap, usai diserah para Caleg bisa melengkapi dokumen syarat Caleg yang masih kurang. Waktu yang diberikan untuk melengkapi dokumen yang kurang terhitung dari tanggal 22 hingga 31 Juli mendatang," jelasnya.

Baca: Raffi Makan Siang Sampai Rp 13 Juta, Nagita Malah Belum Makan Dari Pagi

Baca: Mau Punya Teman Yang Setia dan Tulus, Bertemanlah Dengan 4 Zodiak Ini

Ketika ditanyakan, apakah partai politik masih diberikan ruang untuk menggantikan Caleg yang persyaratannya sudah lengkap, Santi menegaskan, Caleg yang berkasnya sudah dinyatakan lengkap tidak bisa diganti lagi. Caleg hanya bisa digantikan jika memundurkan diri, meninggal dan adanya syarat Caleg yang tidak lengkap. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help