Berita Kota Kupang

BMKG Ultah ke-71, Ini yang Jadi Skala Prioritas

Peringati HUTnya yang ke-71 BMKG memiliki skala prioritas dalam memacu lompatan pembangunan di tahun 2018

BMKG Ultah ke-71, Ini yang Jadi Skala Prioritas
ISTIMEWA
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, MSc Phd 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Peringati HUTnya yang ke-71 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki skala prioritas dalam memacu lompatan pembangunan di tahun 2018.

Hal ini diungkapkan Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati dalam sambutanya memperingati HUT ke-71 MKG.

Melalui siaran pers yang diperoleh Pos Kupang Sabtu (21/7/2018) Dwikorita mengatakan berbagai upaya dan terobosan terus dilaksanakan BMKG agar percepatan pembangunan diberbagai sektor dapat terwujud.

Dari upaya tersebut ada kemajuan yang telah diraih namun ada pula agenda pembangunan yang masih belum berjalan dengan optimal.

" Di tahun 2018 ini, BMKG terus memantapkan diri dalam memacu lompatan pembangunan yang menjadi skala prioritas," ujarnya.

Skala Prioritas tersebut antara lain mempertahankan dan meningkatkan Operasional Harian, termasuk Pemeliharaan Peralatan Operasional, Sistem Processing Dan Analisis dan Sistem Diseminasi Informasi secara massif, Pengembangan Inovasi Layanan Informasi MKG 4.0 berbasis BigData, Artificial Inteligence (AI) dan Internet Of Thing (IoT), Penguatan Sistem Peringatan Dini:

1. Gempabumi dan Tsunami (TEWS)

2. Cuaca Ekstrim (MEWS); (3) Iklim Ekstrim (CEWS) untuk mendukung upaya Penanganan Bencana Dan Pembangunan Wilayah, Penguatan Program Otomatisasi Peralatan Observasi MKG untuk mendukung ketahanan pangan, pembangunan infrastruktur, pembangunan sarana transportasi dan kawasan wisata , serta kualitas lingkungan hidup, serta penggunaan alat pengamatan otomatis perlu ditingkatkan untuk mendukung peningkatan akurasi proyeksi/perkiraan cuaca, iklim dan analisis gempa dan tsunami.

"Selain itu ada juga dukungan terhadap kegiatan Indonesia Sebagai Poros Maritim melalui penambahan dan peningkatan pelayanan informasi cuaca maritim di pelabuhan, informasi cuaca jalur-jalur laut dan informasi cuaca untuk wisata pantai. Kemudian Penambahan kerapatan jaringan peralatan pengamatan dan sensor perlu ditingkatkan sesuai target yang ditetapkan dalam Renstra BMKG Tahun 2015-2019. Tak lupa dengan Pemenuhan Kerjasaman Luar Negeri Dan Luar Negeri," lanjutnya.

Untuk itu ia meminta agar seluruh civitas BMKG mempertahankan keberhasilan yang sudah diraih tahun ini berupa penghargaan WTP, Penilaian RB dan LAKIP dan sebagainya yang tentunya mampu menggambarkaan kualitas dan akuntabilitas layanan informasi BMKG.

" Semoga momentum peringatan HMKG KE 71 kali ini, akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang kita, untuk terus membangun, mengantarkan BMKG menuju organisasi yang berkelas dunia.," pungkasnya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved