Berita Manggarai

Bengkel Baca Reok Galakkan Budaya Literasi Baca

Bengkel Baca Reok terus menggaungkan pentingnya literasi baca di Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bengkel Baca Reok Galakkan Budaya Literasi Baca
ISTIMEWA
Anak-anak sedang membaca di Bengkel Baca Reok. 

POS-KUPANG.COM - Bengkel Baca Reok terus menggaungkan pentingnya literasi baca di Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Koordinator Bengkel Baca Reok, Jufri Husen menegaskan membaca merupakan cara sederhana melawan ketidaktahuan.

Membaca, lanjut dia, mampu membuka cakrawala berpikir dan menambah khazanah ilmu pengetahuan.

"Dengan membaca kita bisa melawan kebodohan," tandas Jufri di Reo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/7/2018), sebagaimana dilaporkan Ervan Tou untuk Pos-Kupang.com, Jumat (20/7/2018).

Jufri berharap, keberadaan Bengkel Baca Reok bisa membangkit minat baca masyarakat Reok. Baik anak-anak maupun orang dewasa tidak kesulitan lagi mencari buku-buku sesuai dengan kebutuhannya.

"Bengkel Baca Reok hadir untuk seluruh masyarakat Manggarai, terutama warga yang berada di Reok. Kami gerakkan literasi baca ini agar masyarakat melek baca," ujar dia.

Bengkel Baca Reok dicetuskan pada 11 Januari 2018 di Lingkungan Ngaji, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pencetusnya adalah generasi muda Reok yang merupakan alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Reok Angkatan 2009.

Pembentukan Bengkel Baca Reok yang bisa disingkat BBR ini berangkat dari keresahan terhadap kurangnya minat baca di Reok. Sehingga perlu adanya terobosan dalam gerakan literasi baca guna membangun sumber daya manusia (SDM) di salah satu kecamatan di Manggarai ini.

Sejak dibentuk hingga saat ini, Bengkel Baca Reok secara masif mengajak masyarakat untuk membaca. Bahkan para penggerak Bengkel Baca menjalankan literasi 'on the road' atau membaca di tempat-tempat umum.

Atensi masyarakat cukup bagus terhadap gerakan literasi Bengkel Baca Reok. Namun, seluruh masyarakat belum mengetahui keberadaan Bengkel Baca Reok.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh masyarakat mengajak anak-anak serta saudara untuk membaca buku di Bengkel Baca Reok yang terletak di Lingkungan Ngaji, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok ini. Tidak ada batasan bagi siapa pun, asal membaca dengan santun serta tidak merusak buku yang ada.

Bengkel Baca Reok menyediakan beragam buku. Mulai dari buku anak-anak, sosial, politik, kesehatan, hingga novel dengan judul berbeda.

Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved