Berita Kota Kupang

Ribuan Mahasiswa Undana Kupang Ikut Pembukaan Pembekalan KKN Hari Pertama

Sebanyak 1.898 mahasiswa mengikuti pembukaan pembekalan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Aula Rektorat Undana Lama Penfui Kota Kupang. Kamis (19/7/2018).

Ribuan Mahasiswa Undana Kupang Ikut Pembukaan Pembekalan KKN Hari Pertama
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Suasana pembekalan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di aula rektorat Undana Lama Penfui Kota Kupang, Kamis (19/7/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sebanyak 1.898 mahasiswa mengikuti pembukaan pembekalan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Aula Rektorat Undana Lama Penfui Kota Kupang. Kamis (19/7/2018) pagi

KKN tersebut merupakan KKK Undana Kupang pada periode semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Para mahasiswa menggunakan jas almamater berwarna kuning nampak memenuhi aula tersebut sampai pada bagian tribun aula tersebut.

Pembekalan KKN Undana tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si.,Ph.D yang didampingi oleh Dr Umbu Pekuwaly M.Hum selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Undana Kupang.

Baca: Disperindag NTT Sebut Harga Telur Ayam Masih Dalam Batas Wajar

Ir Melkianus Tiro M.Si Kepala Pusat Pengembangan Pelayanan KKN Undana dalam laporan panitia KKN mengatakan, pembekalan KKN akan berlangsung selama dua hari sejak tanggal 19-20 Juli 2018 dan para mahasiswa akan dibagi menjadi dua kelompok dimana, lanjut Melkianus, kelompok pertama akan mengikuti pembekalan pada pukul 08.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita dan kelompok kedua pada pukul 13.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita.

Para mahasiswa, kata Melkianus, akan melakukan KKN selama 45 hari (1,5 bulan) di sejumlah kabupaten di NTT dan laboratorium lahan kering dan unit-unit lainnya di kampus.

Adapun pembagian mahasiswa untuk KKN diberbagai daerah yakni di kabupaten Belu dengan 13 desa, Kabupaten Malaka dengan 18 desa, Kabupaten TTU dengan 15 desa, Kabupaten TTS dengan 12 desa, Kabupaten Sumba Timur dengan 13 desa dan Kabupaten Kupang dengan 13 desa

Ia menambahkan, KKN Undana dirancang dengan paradigma baru yakni paradigma empowerment (lemberdayaan) dan sebelumnya paradigma development (pembangunan)

"Dengan paradigma baru ini, mahasiswa di tengah masyarakat diharapkan merupakan agen perubahan yang berperan sebagai motivator, dinamisator, inovator dan fasilitator. Proses demikian akan mendorong proses pembelajaran timbal bali antara mahasiswa dan masyarakat," ungkapnya.

Dalam pembekalan tersebut terlihat mahasiswa sangat serius menyimak materi demi materi yang diberikan oleh pemateri sebagai bekal dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat di desa.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help