Berita Kabupaten Belu

Ini Total Caleg di Kabupaten Belu yang Terverifikasi KPU, Mau Tahu Jumlahnya?

Hasil verifikasi KPU Kabupaten Belu menunjukkan, total bakal calon anggota DPRD Kabupaten Belu yang diusulkan 16 partai politik sebanyak 443 orang.

Ini Total Caleg di Kabupaten Belu yang Terverifikasi KPU, Mau Tahu Jumlahnya?
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pegawai KPU Belu saat melakukan input data calon anggota DPRD Kabupaten Belu dari masing-masing parpol, Kamis (19/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Hasil verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menunjukkan, total bakal calon anggota DPRD Kabupaten Belu yang diusulkan 16 partai politik sebanyak 443 orang.

Rincian, calon laki-laki 265 orang dan calon perempuan 168 orang. Secara keseluruhan total calon semestinya 480 orang, namun ada parpol yang mengusulkan calon tidak semua daerah pemilihan (dapil) dan juga jumlah calon yang diusulkan parpol kurang dari quota calon per dapil.

Baca: KPU Lembata Temukan Banyak Berkas Caleg yang Kurang

Hal itu dikatakan Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikael Nahak, S.Sos kepada POS-KUPANG.COM, saat dikonfirmasi, Kamis (19/7/2018).

Menurut Mikael, alokasi kursi DPRD Kabupaten Belu sebanyak 30 orang yang dibagi dalam tiga dapil masing-masing, dapil I delapan kursi, dapil II tujuh kursi, dapil III sembilan kursi dan dapil IV enam kursi.

Apabila 16 parpol mengusulkan calon sesuai alokasi yakni 30 orang maka total calon yang diusulkan dan diverifikasi sebanyak 480 orang. Namun, ada beberapa partai politik yang hanya mengusulkan satu dapil seperti PBB. Kemudian partai yang lain seperti PDIP, Gerindra dan PSI juga tidak lengkap mengusulkan calonya di setiap dapil.

"Normalnya jumlah calon itu 480 orang karena 16 parpol dikalikan 30 orang. Tetapi setelah diverifikasi hanya 443 dari 16 parpol karena ada parpol yang hanya mengusulkan satu dapil seperti PBB," kata Mikael.

Mikael mengatakan, KPU sedang melakukan verifikasi calon sehingga hasil verifikasi dokumen calon masing-masing parpol belum didapat karena masih diinput dalam aplikasi. Semua proses verifikasi dilakukan melalui sitem aplikasi sehingga persyaratan calon yang kurang akan terbaca melalui sistem aplikasi. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved