Berita TTS

Waduh, PBB Nyaris Tak Bisa Mendaftarkan Calegnya, Kenapa ya?

selain melakukan pendaftaran di hari terakhir saat waktu tersisa 3 jam sebelum pendaftaran ditutup, pengurus DPD II PBB TTS juga belum up load data

Waduh, PBB Nyaris Tak Bisa Mendaftarkan Calegnya, Kenapa ya?
POS KUPANG/DION KOTA
Ketua KPU Kabupaten Timor Tengah Selatan, Ayub Magang 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Partai Bulan Bintang nyaris tak bisa ikut meramaikan Pileg 2019 di Kabupaten TTS.

Pasalnya, selain melakukan pendaftaran di hari terakhir saat waktu tersisa 3 jam lagi sebelum pendaftaran ditutup, pengurus DPD II PBB Kabupaten TTS juga belum mengup load data Calegnya ke sistem informasi pencalonan ( Silon).

Beruntung, pegawai KPU Kabupaten TTS berbaik hati mau membantu mengup load data caleg PBB ke silon sebelum akhirnya bisa menerima tanda terima pendaftaran.

Ketua KPU Kabupaten TTS, Ayub Magang yang dikonfirmasi pos kupang, Rabu ( 18/7/2019) terkait pendaftaran Caleg dari PBB membenarkan hal tersebut. Dirinya menceritakan PBB baru datang mendaftar ke KPU pada pukul 21.00 Wita.

Saat datang, ketua DPD II PBB Kabupaten TTS, Zulkifli Alimin hanya membawa dokumen pendaftaran yang belum di up load ke silon. Karena merasa kasihan, Ayub pun berinisiatif membantu DPD PBB dalam mengupload datanya ke silon

" Jauh hari kita sudah hubungi untuk lakukan koordinasi, tetapi jawabannya selalu aman. Sekarang giliran "air sudah di batang leher" baru minta tolong kita. ‎Dari pukul 21.00 Wita kita mulai melakukan proses mengup load data caleg PBB. Akhirnya, Rabu dini hari, pukul /04.00 Wita baru selesai dan DPD II PBB bisa menerima tanda terima pendaftaran," tutur Ayub.

PBB menggenapi jumlah partai yang mendaftarkan Calegnya ke KPU Kabupaten TTS menjadi 16 Partai. Sebelumnya, Partai Hanura, PAN, PPP, Berkarya, Golkar, Gerindra, Garuda, Nasdem, Demokrat PDIP,Perindo, PKPI, PSI dan PKB dan PKS sudah lebih

dahulu mendaftar ke KPU Kabupaten TTS.
Usai KPU menutup pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah tahapan penelitian berkas Caleg yang telah masuk, terhitung tanggal 19 hingga 21 Juli.

Jika dalam penelitian berkas ditemukan adanya dokumen Caleg yang masih kurang, Partai politik diberikan waktu terhitung dari tanggal 22 hingga 31 Juli untuk melengkapi kekurangan dokumen Calegnya.

Berkas perbaikan yang dimasukan partai politik, selanjutnya akan dilakukan verifikasi kembali oleh KPU terhitung tanggal 1 hingga 7 Agustus mendatang.

Usai dilakukan verifikasi, selanjutnya KPU akan melakukan penyusunan dan melakukan penetapan daftar Caleg sementara (DCS) terhitung tanggal 8 hingga 12 Agustus mendatang.

‎Usai ditetapkan, selanjutnya KPU akan melakukan pengumuman DCS kepada publik melalui media massa selama tiga hari berturut-turut, terhitung mulai sejak tanggal 12 hingga 14 Agustus mendatang.

" Kita akan mulai melakukan penelitian berkas caleg yang masuk. Jika masih ada berkas yang kurang, kita akan segera hubungi untuk dilengkapi," jelas Ayub. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help