Berita Kabupaten TTU

Pemerintah Pusat Segera Bangun PLBN Napan dan Oepoli

Pemerintah pusat akan segera membangun dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Napan dan Oepoli. Guna merealisasikan rencana, Badan Pengelola

Pemerintah Pusat Segera Bangun PLBN Napan dan Oepoli
pos kupang.com, dion kota
suasana kegiatan sosialisasi pembangunan PLBN Napan dan Oepoli yang digelar Badan Pengelola Perbatasan Propinsi NTT menggelar sosialisasi pembangunan PLBN Napan dan Oepoli di Litani, Kefamenanu. 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, KEFAMENANU – Pemerintah pusat akan segera membangun dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Napan dan Oepoli. Guna merealisasikan rencana tersebut, Rabu ( 18/7/2018) Badan Pengelola Perbatasan Propinsi NTT menggelar sosialisasi pembangunan PLBN Napan dan Oepoli di Litani, Kefamenanu.

Dalam sosialisasi yang melibatkan unsur TNI-POLRI, Pemerintah daerah, Masyarakat Desa Napan dan Oepoli tersebut, Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Hakim Arasit, Satker pengembangan pemukiman strategis di PPK Pengembangan PLBN menegaskan, tahun ini pemerintah pusat fokus menyelesaikan perencanaan pembangunan PLBN di dua desa perbatasan tersebut. Paling lambat pembangunan fisik PLBN Napan dan Oepoli akan dilakukan di awal tahun 2019 mendatang.

" Saat ini kita masih menunggu dikeluarkannya instruksi presiden (Inpres) terkait pembangunan dua PLBN di Propinsi NTT tersebut. Sambil menunggu Inpresnya keluar, saat ini kita fokus menyelesaikan perencanaan pembangunan dua PLBN tersebut," ungkap Hakim.

Dalam kesempatan tersebut, Hakim juga meminta bantuan partisipasi aktif dari Pemda dan masyarakat setempat khususnya para pemilik lahan agar dalam proses pembangunan PLBN tidak terjadi masalah lahan.

Dirinya meminta kerelaan para pemilik lahan untuk menyerahkan lahannya agar dibangun PLBN. Dirinya menegaskan, pemerintah siap memberikan kompensasi ganti rugi lahan sesuai dengan aturan yang berlaku.

" Pemerintah tetap akan memberikan kompensasi lahan yang digunakan untuk pembangunan PLBN Napan dan Oepoli. Namun harus diingat, penentuan besar biayanya sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak dengan seenak hati pihak tertentu. Oleh sebab itu, kita minta kerjasama dari para pemilik lahan," pintanya.

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Propinsi NTT, Paulus Manehat mengatakan, kegiatan sosialisasi pembangunan PLBN Napan dan Oepoli dilakukan guna menyamakan presepsi antara semua komponen, baik pihak keamanan, pemerintah dan masyarakat desa Napan dan Oepoli terkait pembangunan PLBN di dua desa tersebut. ‎

Pembangunan PLBN di dua desa Napan dan Oepoli tentunya akan memberikan kontribusi percepatan roda perekonomian bagi masyarakat setempat. Oleh sebab itu. Dirinya meminta kerjasama dari masyarakat setempat selaku pemilik lahan agar mau memberikan lahannya untuk dibangunan PLBN.

" Penting bagi kita untuk menyamakan presepsi kita terkait pembangunan PLBN Napan dan Oepoli sehingga tidak terjadi miskomunikasi. Pasalnya, pembangunan PLBN akan memberikan kontribusi bagi masyarakat setempat dan juga pemerintah daerah, " tegasnya. (*)

Tags
Oepoli
PLBN
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help