Berita Kabupaten Belu

Oh Ternyata 16 Parpol di Belu Memenuhi Syarat Pengajuan Calon

16 Parpol di Kabupaten Belu sudah mendaftar bakal calon anggota DPRD pada pemilu legislatif tahun 2019. Hasil verifikasi syarat pengajuan calon, KPU

Oh Ternyata 16 Parpol di Belu Memenuhi Syarat Pengajuan Calon
ISTIMEWA
Ketua KPU Belu, Andre Marthin Bara Lay 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA--Sebanyak 16 Partai Politik di Kabupaten Belu sudah mendaftar bakal calon anggota DPRD pada pemilu legislatif tahun 2019. Hasil verifikasi syarat pengajuan calon, KPU menyatakan 16 parpol memenuhi syarat yang dibuktikan dengan tanda terima dokumen. Sedangkan syarat calon masih dalam tahap verifikasi.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Belu, Andre Marthin Bara Lay kepada Pos Kupang.Com, Rabu (18/7/2018).

Menurut Marthin, sampai dengan Selasa (17/7/2018) pukul 00.00 Wita, 16 parpol di Kabupaten Belu mendaftar semuanya. Yang mendaftar terakhir adalah Partai Garuda.

Dari hasil verifikasi dokumen pengajuan calon, KPU menyatakan, 16 parpol sudah memenuhi syarat, sedangkan syarat pencalonan masih dalam tahap verifikasi yang dimulai tanggal 18 sampai tanggal 21 Juli 2018. Hasil verifikasi syarat calon ini akan disampaikan kepada parpol.

Menurut Marthin, syarat pengajuan calon yang diverifikasi seperti SK kepengurusan, quota perempuan, dokumen seleksi calon dan dokumen lainnya, sedangkan syarat calon yang dilakukan verifikasi seperti KTP calon, Ijazah dan juga dokumen lainnya yang berkaitan dengan calon.

Menurut Marthin, Kabupaten Belu dibagi ke dalam empat daerah pemilihan (dapil) dengan total kursi DPRD sebanyak 30. Alokasi kursi masing-masing dapil yakni, dapil I, delapan kursi, dapil II tujuh kursi, dapil III sembilan kursi dan dapil IV enam kursi. Untuk quota perempuan dihitung 30 persen dari jumlah calon yang diajukan. (*).

Tags
KPU Belu
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help