Berita Sumba Barat Daya

50 Warga Sumba Ikut Pelatihan Pemandu Wisata di Tambolaka

Sebanyak 50 warga dari 4 kabupaten di Pulau Sumba mengikuti pelatihan pemandu wisata pulau Sumba di Hotel Sinar Tambolaka

50 Warga Sumba Ikut Pelatihan Pemandu Wisata di Tambolaka
POS KUPANG/PETRUS PITER
Wakil Bupati SBD, Drs.Ndara Tanggu Kaha pose bersama penyelenggara pelatihan pemandu wisata Sumba di antaranya Ketua Yayasan Sumba Hospitality, Redempta Bato, Kepala Dinas Pariwisata SBD, Christofel Horo, S.H, pengurus yayasan William dan Liliana dan Ketua Ikatan Alumni Suryadikara (IAS), Ignas Iryanto Djou di Hotel Sinar Tambolaka, Senin (16/7/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Sebanyak 50 orang dari empat kabupaten di Pulau Sumba mengikuti pelatihan pemandu wisata Pulau Sumba di Hotel Sinar Tambolaka, Sumba Barat Daya (SBD), Senin (16/7/2018).

Para pemandu wisata tersebut terdiri 20 orang dari Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur masing-masing 10 orang.

Ketua Yayasan Sumba Hospitality, Redempta Bato menjelaskan, pelatihan pemandu wisata Sumba terselenggara atas  kerja sama Yayasan Sumba Hospitality dengan Yayasan William dan Liliana serta Ikatan Alumni SMAK Suryadikara Ende (IAS).

Pelatihan tersebut bertujuan berbagi pengetahuan dan pengalamanan bagaimana menyiapkan sumber daya manusia Sumba yang andal dalam memberikan pelayanan yang baik bagi setiap wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut.

Sumber daya manusia Sumba harus dipersiapkan dengan baik dalam kerangka membangun pariwisata Sumba ke depan lebih baik.

Berdasarkan pengalaman yang ada,  kata Dempta Bato,  kebanyakan pemandu wisata di Sumba berjalan sendiri-sendiri atau tidak terorganisir, pemahaman mereka soal dunia pariwisata terutama berkaitan dengan tour guide pun belum maksimal.

Harapan melalui pelatihan itu dapat memberikan nilai tambah pengetahuan bagi pemandu wisata Sumba agar mampu memberikan pelayanan dan penjelasan yang baik kepada wisatawan saat mengunjungi suatu obyek wisata Sumba.

Ada kelebihan pemandu wisata sumba adalah putra-putri Sumba yang mengerti dan memahami budaya Sumba, alam Sumba dan kekayaan Sumba lainnya sehingga diharapkan mampu menjelaskan dengan baik pula kepada setiap wisatawan.

Pelatihan berlangsung selama tujuh hari yaitu tanggal  16-23 Juli 2018 dengan menghadirkan instruktur profesional.  (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved