Berita Regional NTT

Waow! Populasi Ternak di NTT di Atas 1 Juta Ekor

"Kita terus berupaya meningkatkan populasi sapi di NTT. Salah satu cara yakni menetapkan kuota antarpulaukan ternak sapi."

Waow! Populasi Ternak di NTT di Atas 1 Juta Ekor
Oby Lewanmeru
Kapal Ternak KM Cemara Nusantara 2 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Populasi ternak di Provinsi NTT mencapai di atas 1 juta ekor pada tahun 2018. Angka ini melonjak dari tahun 2008 dimana populasi ternak hanya mencapai 8000 ekor.
Hal ini disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, dalam sambutanya pada acara Peresmian Kapal Ternak, KM. Cemara Nusantara 2 di Pelabuhan Tenau Kupang, Sabtu (14/7/2018).
"Kita terus berupaya meningkatkan populasi sapi di NTT. Salah satu cara yakni menetapkan kuota antarpulaukan ternak sapi. Kita lakukan untuk menjaga populasi ternak sapi di NTT. Saat ini memang kita kirim 70.000 ekor pertahun. Adanya bantuan kapal ini, sudah memberi perhatian pada ternak," ujar Lebu Raya.
Dia mengharapkan, ternak yang diangkut bisa tetap aman terutama kualitas berat badan.
Ketua DPD PDIP NTT ini mengharapkan agar kapal yang berasal dari NTT mengangkut ternak sapi dan kembali ke NTT harus juga bisa membawa barang.
"Saya sudah menulis surat ke Menhub, agar kapal ikan yang kembali dari Surabaya bisa membawa barang seperti pakan ternak dan lainya. Sehingga ke depan subsidi kapal ini bisa berkurang," ujarnya.
Dirjen Perhubungan Laut, Agus, mengatakan saat ini pihaknya hanya bisa membantu kapal ternak dari daerah-daerah potensial, dengan tujuan utama agar para peternak mendapat kepastian bahwa ternaknya dibeli.
Tapi yang paling penting, lanjutnya, dengan adanya kapal ternak ini, harga ternak di daerah lebih baik dan ada kepastian dari peternak.
"Kapal ini sangat baik sekali dan lengkap, sehingga ternak yang diangkut dari daerah ke Jakarta atau Surabaya, tidak stres, berat badan tidak turun, " ujarnya. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Apolonia Matilde
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved