Berita Sumba Timur

Kuku Yiwa Senang Punya Anak Asuh Tentara

ia merasa bangga karena menampung lima orang anggota tentara untuk hidup bersama-sama, begitu pula makan bersama-sama.

Kuku Yiwa Senang Punya Anak Asuh Tentara
POS KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Keluarga Kuku Yiwa sedang makan bersama dengan anggota Tentara.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU-----Kuku Yiwa (52) warga RT 05 RW 03 Dusun 2 Desa Pamburu Kecamatan Pahunga Lodu merasa senang memiliki anak asuh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Di rumahnya, Yiwa menampung lima orang anggota TNI Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di wilayah Kodim 1601 Sumba Timur untuk tinggal bersama-bersama selama kegiatan TMMD di Desa tersebut yakni kegiatan fisik peningkatan badan jalan 1800 M x 4 M, rehab gedung gereja ukuran 6x12 M, pembuatan Saluran irigasi sepanjang 200 M, dan pembuatan 2 buah deker ukuran 4x1,20 hasil.

Yiwa kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (13/7/2018) mengatakan, ia merasa bangga karena menampung lima orang anggota tentara untuk hidup bersama-sama, begitu pula makan bersama-sama.

Selain itu, dengan masuk adanya tentara dalam kegiatan TMMD tersebut dapat membantu pembangunan di Desa Pamburu untuk kepentingan masyarakat Pamburu sendiri yang selama ini sangat membutuhkan bantuan pembangunan di Desa tersebut.

Sementara itu Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Inf. Zaenuddin, SE kepada POS -KUPANG.COM, Jumat (13/7/2018) mengatakan Kata Zaenuddin TMMD ini dengan tujuan utamanya adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat, sebab TNI adalah anak kandung rakyat.

"Kita kegiatan Satgas TMMD ini, tidurnya di rumah rakyat, apa yang dimakan rakyat itu yang dimakan TNI, tapi Uang lauk pauk (ULP) Satgas yang di pakai belanja lauk dan sayur untuk di makan bersama pemilik rumah. Diharapkan begitu kita pulang masyarakat itu punya anak asuhnya adalah TNI, dan TNI punya ibu asuh di Pamburu,"ungkap Zaenuddin.

Selain itu, tujuan pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim Sumba Timur tersebut untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan serbuan teritorial dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh.

Zaenuddin juga mengatakan pada hari ke tiga perkembangan kegiatan fisik TMMD di desa Peningkatan badan jalan 1800 M x 4 M dimana hasilnya sudah mencapai 12 %. Rehab Gereja ukuran 6x12 M sudah mencapai 16 %. Pembuatan Saluran irigasi sepanjang 200 M Hasil 17 %, dan pembuatan 2 unit deker ukuran 4x1,20 hasil pada hari ketiga sudah hasil 14 %.

Zaenuddin juga menjelaskan, kegiatan non fisik Satgas TMMD tersebut terdiri dari TNI-AD sebanyak 121 orang, TNI-AL 2 orang, TNI-AU 2 orang, Polri 1 Orang dan dari Pemkab Sumba Timur sebanyak 24 Orang. Sementara kerterlibatan masyarakat pada hari ketiga tersebut sebanyak 102 orang. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved