Berita Kota Kupang

Tahun Ini BLK NTT Kembali Latih 400 Calon TK

Jenis keterampilan yang akan diberikan kepada para calon tenaga kerja yakni menjahit, tata rias atau kecantikan, meubel, las, otomotif

Tahun Ini BLK NTT Kembali Latih 400 Calon TK
KOMPAS.COM
Ilustrasi rupiah 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Balai Latihan Kerja (BLK) atau saat berubah nama menjadi Unit Pelaksana Tugas Pelatihan Tenaga Kerja (UPT PTK) Propinsi NTT kembali melatih 400 calon tenaga kerja pada tahun ini.

Jenis keterampilan yang akan diberikan kepada para calon tenaga kerja yakni menjahit, tata rias atau kecantikan, meubel, las, otomotif (sepeda motor dan mobil) dan operator seluler.

Kepala UPT PTK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propibsi NTT, Beni Gaya yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/7/2018), mengatakan, program pelatihan 400 tenaga kerja tersebut dibiayai oleh APBD I Propinsi NTT 7 paket dan APBN 18 paket dengan target 16 orang per paket.

Ruang lingkup pelatihan terdiri dari pelatihan menjahit, kecantikan, meubel, las, otomotif mobil dan sepeda motor, serta operator seluler. Jumlah calon tenaga yang dilatih BLK tersebut di luar calon tenaga kerja yang dilatih BLK bekerja sama dengan pihak lain.

Khusus untuk program pelatihan calon tenaga kerja yang dibiayai APBN, 10 paket audah berlangsung, sedangkan sisanya akan dibuka pekan depan.

Beni menegaskan, para calon tenaga kerja yang dilatih di BLK atau PTK tidak saja mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tapi juga pendidikan karakter berupa komitmen dan motifasi untuk menjadi calon-calon pekerja yang mandiri.

Calon tenaga kerja yang dilatih di BLK juga tidak dikenakan biaya pelatihan alias gratis, diberikan biaya transport dan makan siang.

Selain pelatihan yang berpusat di BLK NTT di Kupang, untuk menjangkau lebih banyak calon tenaga kerja sampai ke daerah-daerah, UPT PTK NTT juga membuka mobile training unit (MTU) di luar BLK.

Saat ini MTU BLK NTT sudah hadir di Flores Timur, Alor, Belu dan Sumba Barat Daya. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help